Efektivitas Kombinasi Ekstrak Bawang Putih dengan Ekstrak Seledri dalam Menurunkan Tekanan Darah Sistolik

Fitriani br Tarigan

Abstract

Tujuan: Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas menurunkan tekanan darah tikus Hipertensi yang diberikan kombinasi ekstrak bawang putih dengan ekstrak seledri dibandingkan dengan ekstrak seledri dengan captopril 2,5 mg. Metode: Eksperimen dengan rancangan post test dan pre test dengan desain grup kontrol. Sampel ialah bawang putih, seledri dengan 28 ekor tikus. Analisa data menggunakan program komputerisasi menggunakan uji one way anova. Hasil: Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian ekstrak kombinasi seledri dan bawang putih menurunkan tekanan darah tikus putih jantan yang hipertensi, diperoleh nilai p.value senilai 0,000 bisa diambil kesimpulan jika adanya pengaruh yang besar dalam memberikan ekstrak seledri menurunkan tekanan sitolik di tikus putih jantan yang hipertensi. Kelompok kontrol positif diperoleh nilai p.value senilai 0,000, bisa diambil kesimpulan jika adanya pengaruh yang besar pada pemberian captopril 2,5 mg pada penurunan tekanan sistolik pada tikus putih yang dibuat hipertensi. Kesimpulan: terbukti terdapat efektivitas dalam menurunkan tekanan darah di tikus putih jantan galur wistar HT yang diberikan kombinasi antara ekstrak bawang putih serta ekstrak seledri (Apium graveolens) dibandingkan dengan pemberian ekstrak seledri dengan captopril sebanyak 2,5 mg.

Keywords

Biomedical Sciences

Full Text:

PDF

References

Rahayu kurnia lutfi fauzia, A. maulidya vetty, A. LMUI. Uji Efektifitas Ekstak DURI Daun Seledri untuk Antihipertensi pada mencit putih. 2018. p. 15.

Kemenkes.RI. Pusdatin Hipertensi. Infodatin. 2014;(Hipertensi):1–7.

Bloch, M. J 2016. Worldwide Prevalence of Hypertension Exceeds 1.3 Billion. Journal of The American Society of Hypertension, 10 (10):753-754.”

Nuraini B. Faktor risiko hipertensi. 2015;4:10–9.

Gunawan sulistia gan. FARMAKOLOGI DAN TERAPI. ke-6. Gunawan sulistia gan, Setiabudy R, Nafrialdy, Instiaty, editors. Jakarta: FKUI; 2016. 932 p.

Dewi K, Jasapura diana krisanti, Litanto O. Pengaruh Ekstrak Etanol Seledri (Apium Graveolens L.) Terhadap Tekanan Darah Pria Dewasa. 2010;01(02):8.

Abror M. Tingkat Keefektivan Ekstrak Seledri Dengan Ekstrak Bawang Putih Untuk Menurunkan Tekanan Sistolik Tikus Putih Jantan Galur Wistar Dengan Hipertensi. 2018;73.

Kumar V, Abbas A, Aster J. BUKU PEMBELAJARAN PATOLOGI ROBBINS. ke-10. Ham M, Saraswati M, editors. Singapore: Elsevier Saunders; 2019. 912 p.

Mhd Riza Marjoni, S.Si MFA. Analisis Farmakologi. Fawwazaniq RN, editor. Jakarta: CV.Trans Info Media; 2020. 184 p.

Imelda M, Kurniawan S. Peran Bawang Putih dalam pengolahan Hipertensi. kalimantan barat;

Abdur Rahman, S.SI. A, Supriani, M.Sc. A. TANAMAN OBAT INDONESIA. Fransiska Wahyu Ariyani, S.Farm. A, editor. jakarta timur: Pilar Utama Mandiri; 2018. 147 p.



-->