Information For Authors

ONLINE SUBMISSIONS

Already have a Username/Password for Current Issues?
GO TO LOGIN

Need a Username/Password?
GO TO REGISTRATION

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

    1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

    1. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

  1. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan dari jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

 

AUTHOR GUIDELINES

 Informasi Umum

Majalah Kedokteran Andalas (MKA) terbit 3 kali dalam setahun (April, Agustus, dan Desember), memuat karya tulis ilmiah dibidang kedokteran dan kesehatan berupa laporan hasil penelitian (60%), tinjauan pustaka (20%), dan laporan kasus (20%). MKA akan menghubungi semua penulis melalui email pada saat submisi untuk memastikan bahwa mereka mengetahui submisi naskah yang telah dilakukan. Penulis koresponden harus melakukan submisi melalui website open journal system (OJS) MKA (jurnalmka.fk.unand.ac.id).Surat pengantar pada file yang terpisah dan surat pernyataan persetujuan dari seluruh penulis juga harus diunggah ke dalam sistem online tersebut. Panjang surat pengantar tidak lebih dari satu halaman, dan harus memasukkan informasi berikut ini: jenis naskah (contohnya naskah laporan penelitian, tinjauan pustaka, atau laporan kasus), ringkasan kontribusi penelitian terhadap literatur ilmiah, kaitan penelitian terhadap penelitian sebelumnya yang telah diterbitkan. MKA tidak memungut biaya untuk semua proses penerbitan artikel.

Sebelum diterbitkan, semua karya tulis dibahas oleh pakar dalam bidang keilmuan yang sesuai (mitra bebestari) dan dewan penyunting. Penulis akan diminta untuk memperbaiki karya tulis tersebut sesuai dengan saran mitra bebestari dan dewan penyunting. Laporan hasil penelitian harus memperoleh persetujuan komite etik atau mempertimbangkan aspek etika penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan. Akurasi isi karya tulis menjadi tanggung jawab penulis.


Bentuk Naskah

Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Naskah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia harus mengikuti Pedoman Umum Bahasa Indonesia yang disempurnakan dan Pedoman Umum Penggunaan Istilah. Naskah yang ditulis dalam Bahasa Inggris dianjurkan untuk mendapatkan pelayanan penyuntingan bahasa Inggris sebelum dikirim ke sekretariat MKA. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Arial, ukuran 11, spasi 1.15, dengan panjang 2500 - 3000  kata. Download Template


Sistematika Penulisan Naskah

Sistematika penulisan naskah adalah: jenis naskah (contohnya naskah laporan penelitian, tinjauan pustaka, atau laporan kasus), judul, nama dan affiliasi penulis, alamat korespondensi, abstrak disertai kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan, pengakuan dan deklarasi, dan daftar rujukan. 


JUDUL 

Judul di tulis ringkas dan lugas, tanpa singkatan. Pada penelitian eksperimental dengan hewan coba, nama spesies yang digunakan harus tertulis di dalam judul. Judul naskah dalam Bahasa Indonesia tidak boleh lebih dari 14 kata, sedangkan judul dalam Bahasa Inggris tidak boleh lebih dari 12 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital dengan ukuran 14.


NAMA DAN AFILIASI PENULIS

Semua nama  penulis ditulis dengan lengkap tanpa gelar akademik, disertai dengan lembaga affiliasi penulis. Penulis yang mempunyai afiliasi lebih dari satu institusi, tandai masing-masing afiliasi tersebut dengan angka superskrip.


ALAMAT KORESPONDENSI

Tuliskan nama, alamat, nomor telepon, nomor faksimili, dan alamat e-mail penulis yang bertindak sebagai koresponden.


ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak  dan  kata  kunci  ditulis  dalam  dua  bahasa  (bahasa  Indonesia  dan  Inggris), huruf arial 10 spasi 1. Panjang masing-masing abstrak tidak lebih dari 200 kata.  Abstrak minimal berisi tujuan, metode, hasil penelitian dan simpulan. Akronim dan singkatan harus didefinisikan didalam abstrak. Jumlah kata kunci 3-5 kata dan ditulis di bawah abstrak.


PENDAHULUAN

Bagian pendahuluan dapat berisi latar belakang yang membawa pembaca diluar bidang keahliannya mengerti tujuan dan pentingnya penelitian ini, penjelasan masalah yang akan dibahas dan mengapa hal tersebut penting, hasil telaah singkat beberapa literatur, diskusi mengenai beberapa kontroversi atau ketidaksepahaman yang ditemukan dalam bidang yang diteliti, pernyataan singkat mengenai tujuan keseluruhan dari penelitian dan komentar apakah tujuan penelitian tercapai atau tidak.


METODE (Penelitian, Tinjauan Pustaka, Laporan Kasus)

Bagian metode berisi rancangan penelitian, teknik pengumpulan dan pengolahan data, serta  teknik  analisis  dan  interpretasi  data  yang  dilakukan  oleh  penulis. Metode harus ditulis dengan cukup detail sehingga bisa dilakukan ulang oleh peneliti lain.  Informasi khusus dan atau protokol baru harus ditulis dengan detail. Jika materi, metode dan protokol sudah pernah dilakukan pada penelitian sebelumnya, penulis dapat mengutip artikel dimana protokol tersebut dijelaskan dengan detail. 


Subjek manusia

Untuk penelitian yang menggunakan subjek manusia, pastikan untuk menyediakan informed consent tertullis dari setiap pasien, dan protocol harus disetujui oleh komite uji etik institusi. Pasien diidentifikasi dengan nomor bukan dengan nama inisial. Penulis mungkin diminta untuk mengirimkan contoh inform consent form yang digunakan. Jika persetujuan/ consent dilakukan secara verbal tanpa tertulis atau consent tidak bisa diperoleh, penulis harus menjelaskan alasannya didalam naskah. Tata cara pendokumentasian persetujuan oral/ verbal tersebut, serta pemakaian consent verbal, atau keterbatasan consent harus disetujui oleh komite etik. Segala usaha harus dilakukan untuk menjaga kerahasiaan pasien/ subjek penelitian. Informasi terkait termasuk photo tidak boleh dimasukkan ke dalam naskah kecuali informasi tersebut penting dan telah mendapatkan persetujuan tertulis dari induvidu yang bersangkutan.


Penelitian dengan hewan coba

Penelitian yang menggunakan hewan coba, harus menjamin bahwa semua hewan coba mendapat perlakuan manusiawi sesuai dengan kriteria yang digariskan dalam  “Guide for the Care and Use of Laboratory Animals”  disusun oleh  the National Academy of Sciences and diterbitkan oleh the National Institutes of Health (NIH publication 86-23 direvisi 1985). Serta harus menyertakan pernyataan etik yang menyebutkan:

  • Nama lengkap dari komite etik yang relevan yang menyetujui penelitian, dan nomor izin penelitian. Jika persetujuan dari komisi etik tidak diperlukan, harus dijelaskan didalam naskah dan alasannya.
  • Usaha yang dilakukan untuk mengurangi penderitaan hewan coba dijelaskan dengan detail.


Contoh pernyataan etik

Penelitian ini dilakukan sesuai dengan rekomendasi Guide for the Care and Use of Laboratory Animals of the National Institutes of Health. Protokol disetujui oleh Komite Etik Penelitian Hewan dengan Coba Universitas Andalas (Izin nomor: 29-2753). Semua pembedahan dilakukan dengan pembiusan sodium pentobarbital dan segala usaha dilakukan untuk meminimalisir penderitaan. 

Organisme yang diteliti selalu harus dicantumkan di dalam abstrak. Hewan model yang digunakan juga harus dicantumkan di dalam judul.

Kami menyarankan penulis mengikuti Animal Research: Reporting of In Vivo Experiments (ARRIVE) guidelines untuk semua submisi yang melaporkan penelitian menggunakan hewan coba dan mengunggah ARRIVE Guidelines Checklist ke dalam system online sebagai informasi pendukung.


Produsen

Sertakan nama dan lokasi (kota dan negara) dari produsen ketika menyebutkan nama obat, alat, instrumen, software, dll.


Nama obat

Gunakan nama generik. Nama dagang boleh disebutkan di dalam kurung dengan nama dan lokasi (kota dan negara) produsennya.


Cell lines

Penelitian yang menggunakan cell lines harus menyebutkan asal dari cell lines yang digunakan. See the reporting guidelines for cell line research for more information.

Penulis harus memberikan nformasi berikut untuk setiap cell line:

Untuk de novo (baru) cell lines, pernyataan etik harus mencantumkan:

  • Detail dari institusi yang mereview atau izin dari komisi etik
  • Untuk cell manusia, konfirmasi dengan informed consent tertulis dari pendonor, wali, atau keluarga terdekat.

Untuk cell line yang sudah ada, bagian Metode harus mencantumkan:

  • Referensi artikel yang pertama kali menjelaskan cell line tersebut dan atau
  • Cell line repository atau perusahaan dimana cell line tersebut didapatkan, nomor katalog, apakah cell line didapatkan langsung dari repository/perusahaan atau dari laboratorium yang lain

Penulis harus mencek keberadaan cell lines menggunakan ICLAC Database of Cross-contaminated or Misidentified Cell Lines untuk mengkonfirmasi bahwa mereka tidak salah identifikasi atau terkontaminasi. Keaslian cell line direkomendasikan, misalnya dengan karyotyping, analisis isozyme, atau short tandem repeats (STR) analysis – dan mungkin diperlukan selama proses review atau setelah publikasi.


Nama taksonomi yang baru

Naskah yang menambahkan nama taksonomi yang baru ke dalam literatur harus mengikuti reporting guidelines below for a new zoological taxon, botanical taxon, or fungal taxon.


Penelitian klinis

Penelitian klinis sesuai dengan peraturan yang terkait penelitian dengan subjek manusia. MKA mengikuti the World Health Organization's (WHO) definition of a clinical trial:

A clinical trial is any research study that prospectively assigns human participants or groups of humans to one or more health-related interventions to evaluate the effects on health outcomes [...] Interventions include but are not restricted to drugs, cells and other biological products, surgical procedures, radiologic procedures, devices, behavioural treatments, process-of-care changes, preventive care, etc.

Semua percobaan klinis harus terdaftar disalah satu the publicly-accessible registries yang disetujui oleh WHO atau ICMJE (International Committee of Medical Journal Editors). Penulis harus menyediakan nomor registrasi. Kami memiliki hak untuk memberi tahu institusi penulis atau komite etik dan menolak naskah yang kami curigai belum teregistrasi. Di bagian metode harus menyertakan nama registrasi, nomor registrasi, dan URL dari percobaan dalam database registrasi untuk setiap lokasi dimana percobaan diregistrasi.

Percobaan klinis harus dilaporkan sesuai dengan pedoman pelaporan yang relevan, seperti CONSORT untuk percobaan klinis random, TREND untuk percobaan non-random dan other specialized guidelines yang sesuai. Intervensi yang dilakukan harus dijelaskan menurut persyaratan dari TIDieR checklist and guide. Submisi juga harus menyertakan protokol penelitian sebagai informasi pendukung yang akan diterbitkan didalam naskah jika diterima untuk diterbitkan.

Bias/deviasi apapun yang ditemukan dalam protokol percobaan harus djelaskan di dalam naskah. Penulis harus dengan jelas menyatakan informed consent didalam naskahnya.


Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif menggunakan metode non-kuantitatif untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian yang tidak bisa didapatkan dengan metode kuantitatif, seperti interpretasi, pengalaman dan pandangan seseorang.  Metode analisis harus jelas, sistematik dan bisa dilakukan ulang tetapi hasil tidak berupa angka atau menggunakan statistik. Contoh kualitatif data termasuk tapi tidak terbatas pada, wawancara, focus group discussion (FGD), dokumen teks, rekaman audio/video, jawaban bebas dari kuesioner dan survei.

Penelitian kualitatif harus menurut Consolidated criteria for reporting qualitative research (COREQ) checklist. Pedoman pelaporan lebih lanjut bisa didapatkan di the Equator Network's Guidelines for reporting qualitative research


Sistematik review dan meta-analysis

Naskah telaah kepustakaan/ sistematik review sebagaimana didefinisikan menurut The Cochrane Collaboration, adalah suatu telaah dari pertanyaan yang diformulasikan dengan jelas, eksplisit, menggunakan metode yang sistematik untuk mengidentifikasi, memilih dan mengkritisi penelitian yang relevan, dan mengumpulkan serta menganalisis data dari berbagai studi yang termasuk kedalam telaah. Telaah ini berbeda secara substansial dari telaah berbasis-narasi atau sintesis artikel. Metode statistik (meta-analisis) boleh digunakan atau tidak digunakan untuk menganalisis hasil, dan merangkum hasil dari berbagai studi.

Laporan sistematik review dan meta-analisis harus menyertakan dengan lengkap PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses) checklist and flow diagram kedalam naskah utama. Template kosong tersedia disini:

Penulis juga harus menyatakan di dalam bagian “Metode” apakah protokol tersedia untuk sistematik review mereka, dan jika tersedia, sertakan salinan protokol sebagai informasi pendukung dan cantumkan nomor registrasinya didalam abstrak.

Jika naskah dalam bentuk sistematik review atau meta-analisis, anda harus:

  • Nyatakan didalam cover letter.
  • Pilih “Tinjauan Pustaka” saat melakukan submisi naskah.
  • Sertakan PRISMA flow diagram sebagai Fig 1 (dibutuhkan jika memungkinkan)
  • Sertakan the PRISMA checklist sebagai informasi pendukung.


Meta-analysis dari asosiasi studi genetic

Naskah yang melaporkan meta-analisis dari asosiasi studi genetik harus melaporkan hasil yang bermakna ke dalam bidang ini dan harus dilaporkan menurut pedoman didalam Systematic Reviews of Genetic Association Studies oleh Sagoo et al. Pada saat submisi, penulis akan diminta untuk memberikan alasan untuk melakukan meta-analisis dan menjelaskan bagaimana kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan yang telah dipublikasi sebelumnya. Penulis juga diminta untuk melengkapi checklist (DOCX) yang merinci informasi mengenai justifikasi dari studi dan metodologi yang digunakan. Meta-analisis yang mereplika studi yang telah diterbitkan akan ditolak jika penulis tidak memberikan justifikasi yang cukup kuat.


Laporan Kasus

Kasus dilaporkan dengan deskripsi yang jelas, dilengkapi dengan gambar atau foto dan skema atau diagram pendukung.


HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian hasil dan pembahasan dapat ditulis terpisah atau digabung menjadi Hasil dan Pembahasan. Bagian ini bisa dibagi menjadi subbagian, masing-masing dengan sub judul yang ringkas dan sesuai. Bagian ini harus menjelaskan hasil dari penelitian, interpretasi dari hasil penelitian dengan menggunakan teori dan atau hasil penelitian sejenis sebagai pembanding, dan kesimpulan yang bisa diambil. Sebutkan semua tabel dan figure yang ditampilkan. Pada pembahasan, secara ringkas nyatakan implikasi dari hasil temuan yang baru.


SIMPULAN

Bagian simpulan berisi temuan penelitian yang merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari pembahasan hasil penelitian.  Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf.


UCAPAN TERIMAKASIH/PENGHARGAAN

Mereka yang berkontribusi dalam penelitian tapi tidak menjadi termasuk kedalam penulis harus disebutkan dalam ucapan terimakasih dengan penjelasan kontribusi yang diberikannya. Penulis bertanggung jawab untuk memastikan setiap orang yang disebutkan namanya dalam ucapan terimakasih setuju untuk dicantumkan namanya.


DUKUNGAN FINANSIAL

Tuliskan sumber dana (hibah) atau dukungan finansial lainnya disertai nomor hibah dan URL dari website penyandang dana.


KONFLIK KEPENTINGAN

Semua hal yang berpotensi untuk menimbulkan konflik kepentingan harus dinyatakan dengan lengkap. Jika pengiriman naskah berhubungan dengan hak paten, paten aplikasi atau produk dalam pengembangan atau untuk dipasarkan, nomor hak paten dan judul paten harus dinyatakan dengan lengkap.


FIGUR DAN TABEL

Figur

Jangan masukkan figur di dalam file naskah utama. Setiap figur harus disiapkan dan dikirim terpisah sebagai file tersendiri. Kutip figur dalam urutan nomor sesuai dengan kemunculannya pertama kali dalam naskah. Figur diberi label dengan menggunakan nomor Arabic dan “Figur” disingkat menjadi “Fig” (contoh Fig 1, Fig 2, Fig 3, dsb). Tulis judul figur dengan singkat dan jelas. Judul dan keterangan diletakkan dibawah figur, menggunakan huruf arial, ukuran 10, bold, spasi 1, rata kiri, seperti contoh di bawah ini. Cocokkan label figur dengan nama file yang diunggah pada saat submisi.

Tabel

Jangan masukkan tabel di dalam file naskah utama. Setiap tabel harus disiapkan dan dikirim terpisah sebagai file tersendiri. Kutip tabel dalam urutan nomor sesuai dengan kemunculannya pertama kali dalam naskah. Tabel diberi label dengan menggunakan nomor Arabic (contoh Tabel 1, Tabel 2, dsb), dan judul ringkas diletakkan di atas tabel dengan huruf arial, ukuran 10, bold, spasi 1, rata kiri. Tulis legenda dan tulisan lainnya dibawah tabel, dengan huruf arial, ukuran 9, spasi 1, rata kiri. Isi tabel ditulis dengan huruf arial ukuran 9 spasi 1. Tabel harus jelas, singkat, dan dibuat dalam bentuk tabel terbuka (seperti contoh di bawah). Jangan menduplikasi materi di dalam figur ke dalam tabel.


INFORMASI PENDUKUNG

Penulis dapat mengirimkan file pendukung yang penting dan file multimedia bersama dengan naskah. Semua informasi pendukung akan direview oleh tim reviewer. Semua jenis file dapat dikirimkan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil dari 10 MB. File pendukung harus dalam kondisi yang siap untuk diterbitkan, karena tidak akan dicopi-edit. Tulis daftar judul informasi pendukung pada akhir naskah. Jangan kirimkan judul pada file yang terpisah. Kami menganjurkan untuk mengutip informasi pendukung di dalam naskah, tapi tidak perlu diberi nomor kutipan.


NASKAH YANG BERHUBUNGAN

Sebelum naskah dikirim, penulis harus mengkonfirmasi bahwa naskah, atau naskah terkait tidak sedang dalam pertimbangan atau diterima ditempat lain. Jika naskah terkait telah disubmit ke MKA atau tempat lain penulis harus menyertakan kopi naskah yang disubmit. Reviewer akan dimintai komentar terhadap kemungkinan overlap diantara naskah yang telah disubmit.


DAFTAR RUJUKAN

Rujukkan di dalam naskah (teks) harus di susun menurut angka sesuai dengan urutan penampilannya di dalam teks dan ditulis menurut system Vancouver.  Di dalam naskah, kutip daftar rujukan dengan menggunakan angka superskrip (contohnya, “When necrotic hepatocytes were broken, their constituents stimulated an inflammatory response, which may have induced fibrogenesis”). Jangan masukkan kutipan didalam abstrak. 

Singkatan nama majalah di tulis menurut List of Journal Indexed in Index Medicus. Nama singkatan jurnal dapat ditemukan di dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI) databases. Tuliskan nama semua pengarang. Bila jumlah pengarang lebih dari 6, di tulis 6 pengarang pertama dan tambahkan et al. Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan.  Akurasi daftar rujukan menjadi tanggung jawab penulis. Karena semua referensi akan dihubungkan secara elektronik sebisa mungkin ke artikel yang dikutip, maka penting untuk menuliskan daftar pustaka dalam format yang tepat dan sesuai. Alat pengatur referensi, EndNote, bias membantu dalam memformat daftar pustaka. Berikut beberapa contoh penulisan daftar pustaka:

Naskah dalam majalah/jurnal

  1. Appleton K, House A, Dowell A. A survey of job satisfaction, sources of stress and psychological symptoms among general practitioners in Leeds. Br J Gen Pract. 1998;48(428):1059-63.
  2. Engels Y, Campbell S, Dautzenberg M, van den Hombergh P, Brinkmann H, Szecsenyi J, et al. Developing a framework of, and quality indicators for, general practice management in Europe. Fam Pract. 2005;22(2):215-21.
  3. Novelia E, Nurcahyo C, Evita B, Mursalina A, Hermansyah T, Firdauzie A, et al. Pelayanan Kesehatan Berkualitas Melalui Program Obat Rujuk Balik. Info Askes. 2011:22-3.

Organisasi sebagai pengarang utama     

  1. BPS Indonesia. Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama, dan Bahasa Sehari-hari Penduduk Indonesia. Hasil Sensus Penduduk 2010. Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta: BPS Catalogue: 2102032; 2010b.

Buku

  1. Glaser B. Doing Grounded Theory: Issues and Discussion. Mill Valley, CA: Socilogy Press; 1998

Bab dalam buku

  1. Charmaz K, Bryant A. Grounded Theory. In: Penelope P, Eva B, Barry M, editors. International Encyclopedia of Education. Oxford: Elsevier; 2010. p. 406-12.

Prosiding konferensi 

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kebijakan Pelayanan Kesehatan Berbasis Penjaminan dan Asuransi Serta Dampaknya bagi Rumah Sakit Pendidikan di Indonesia Annual Scientific Meeting (ASM) 2013 Universitas Gajah Mada; Yogyakarta: PKMK FK UGM; 2013.

Sumber dari website

  1. The World Bank. Out-of-pocket health expenditure (% of private expenditure on health): The World Bank; 2013b [cited 2013 26 March]. Available from: http://data.worldbank.org/indicator/ SH.XPD.OOPC.ZS.

 

 

SUBMISSION PREPARATION CHECKLIST

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Karya tulis ilmiah hasil buatan sendiri dan belum pernah diterbitkan di jurnal lain.
  2. Penulis koresponden harus memastikan bahwa semua penulis pembantu ikut berkontribusi terhadap karya tulis tersebut dan menyetujui untuk dipublikasikan di MKA.
  3. Isi tulisan tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
  4. Telah mendapat persetujuan komite etik atau mempertimbangkan aspek etika penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Tulisan tersebut kami serahkan ke tim Redaksi MKA Fakultas Kedokteran Universitas Andalas untuk diproses dan dipublikasikan di Majalah Kedokteran Andalas.
  6. Tidak keberatan artikel tersebut diedit oleh dewan redaksi/ penyunting sepanjang tidak mengubah maksud dan isi artikel.
  7. Tulisan telah ditulis mengikuti TEMPLATE Majalah Kedokteran Andalas, dalam Microsoft Word.
 

COPYRIGHT NOTICE

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

  1. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

  1. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




Creative Commons License
MKA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed In: