Hubungan Antara Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Dasar Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak-Kanak (TK) Kota Pontianak

Dias Arivia Aswada, Rini Andriani, Muhammad In'am Ilmiawan

Abstract

Latar Belakang : Sebesar 1-3% anak di bawah usia 5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan dasar, dimana penggunaan gadget yang berlebihan merupakan salah satu penyebabnya.1 Tujuan: Mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan dasar anak usia prasekolah di Taman Kanak-kanak (TK) Kota Pontianak. Metodologi: Penelitian ini bersifat analitik dengan desain potong lintang pada 96 siswa di TK Kota Pontianak. Hasil penelitian diuji dengan uji statistik chi square menggunakan SPSS 23.0. Hasil: Analisis univariat menunjukkan gadget milik orang tua sebesar 84,5% dan pengenalan gadget dilakukan oleh orang tua berjumlah 80,2% serta usia anak paling muda mengenal gadget adalah 8 bulan. Terdapat 15 orang (15,6%) mengalami penyimpangan, sebagian besar pada aspek bicara bahasa. Analisis bivariat antara durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan dasar yaitu p=0,376. Kesimpulan: Terdapat anak yang mengalami penyimpangan perkembangan namun tidak ditemukan hubungan bermakna antara durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan dasar anak usia prasekolah di Kota Pontianak.

Keywords

Child development; gadget; preschool

Full Text:

PDF

References

Ikatan Dokter Anak Indonesia. Mengenal Keterlambatan Perkembangan Umum. 2013. Diakses pada 4 Mei 2017 dari http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenal-keterlambatan-perkembangan-umum-pada-anak

Behrman, Kliegman, Nelson WE. Nelsom textbook of pediatric, 20th ed. Philadelphia, PA: Elsevier/Saunders;2015

Widiawati, I., Sugiman, H., & Edy. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Daya Kembang Anak.Jakarta:Universitas Budi Luhur, 2014

Yulia, T. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah 3-6 Tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun ajaran 2014-2015. Pontianak:Universitas Tanjungpura, 2015

Rahma. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo; 2014

Manumpil B, Ismanto Y OF. Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. Ejournal Keperawatan. 2015

Octaviana FA, Pertiwi TJ, Purnama GL, Hapsery A, Yoshinta A. Faktor Pengaruh Gadget Terhadap Kecerdasan Motorik Siswa SD Melalui Regresi Logistik. Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian. 2014

Hill D, Ameenuddin N, Chassiakos YL, Cross C, Hutchinson J, Levine A, Boyd R, Mendelson R, Moreno M, Swanson WS. Media and young minds. Pediatrics. 2016 Oct 21:e20162591.

Soetjiningsih, Gde Ranuh IG.N. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC; 2013

Departemen Kesehatan RI. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta:Depkes RI. 201

Berk, L.E. Child Development. 8th ed. New York: Pearson.2009

Notoatmodjo, Soekidjo. llmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta : Rineka Cipta. 2003

Schmidt ME, Rich M, Rifas-Shiman SL, Oken E, Taveras EM. Television viewing in infancy and child cognition at 3 years of age in a US cohort. Pediatrics. 2009 Mar 1;123(3):e370-5

Ruangdaraganon N, Chuthapisith J, Mo-suwan L, Kriweradechachai S, Udomsubpayakul U, Choprapawon C. Television viewing in Thai infants and toddlers: impacts to language development and parental perceptions. BMC pediatrics. 2009 Dec;9(1):34

Kostyrka-Allchorne K, Cooper NR, Simpson A. The relationship between television exposure and children’s cognition and behaviour: A systematic review. Developmental Review. 2017 Jan 16

Perdana SA, Medise BE, Purwaningsih EH. Duration of watching TV and child language development in young children. Paediatrica Indonesiana. 2017 Apr 28;57(2):99-103

Hsin CT, Li MC, Tsai CC. The influence of young children’s use of technology on their learning: A. Educational Technology & Society. 2014;17(4):85-99

Aziz ZA, Yusuf YQ, Nasir C, Masyithah C. Cross-Linguistic Influences of Malay Through Cartoons on Indonesian Children’s Language Use in The Home Domain. Indonesian Journal of Applied Linguistics. 2017 Sep 30;7(2):339-48

Zimmerman FJ, Christakis DA, Meltzoff AN. Associations between media viewing and language development in children under age 2 years. The Journal of pediatrics. 2007 Oct 31;151(4):364-8

Al-Harbi SS. The influence of media in children’s language development. Journal of Educational and Developmental Psychology. 2015 Mar 18;5(1):1

MUTHMAINNAH, Mutmainnah. Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 2012, 1.1

ASHARI, Cendy D.; UTAMI, Ngesti W.; SUSMINI, Susmini. HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD KECAMATAN MAGELANG SELATAN. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2017, 2.3

Ford ND, Stein AD. Risk factors affecting child cognitive development: a summary of nutrition, environment, and maternal–child interaction indicators for sub-Saharan Africa. Journal of developmental origins of health and disease. 2016 Apr;7(2):197-217

Ariyana Desi, Nur Setya Rini. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Perkembangangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Athfal 7 Semarang. Semarang. 2009

Dwi Rindu, dkk. Kaitan antara Status Gizi, Perkembangan Kognitif, dan Perkembangan Motorik pada Anak Usia Prasekolah. Institut Pertanian Bogor : Dramaga Bogor. 2013

Apriana Rista. Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Semarang. Universitas Diponegoro : Semarang. 2009



-->