Evaluasi pelatihan dokter puskesmas sebagai upaya peningkatan pengetahuan tentang rujukan penyakit non-spesialistik di Pekanbaru

Elda Nazriati, Shelly Iskandar, Fedri Rinawan

Abstract

Tujuan: Untuk mengevaluasi pelatihan dokter Puskesmas sebagai  upaya peningkatan pengetahuan tentang rujukan penyakit non-spesialistik. Metode: Merupakan penelitian deskriptif analitik yang dilakukan secara retrospektif. Data diambil dari pelatihan dokter Puskesmas di Pekanbaru dengan materi yang dirancang oleh tim kendali mutu kendali biaya BPJS Provinsi Riau. Sampel penelitian adalah 32 peserta yang memenuhi kriteria inklusi. Evaluasi pelatihan dilakukan melalui pretest/posttest pengetahuan, kuesioner kepuasan peserta pelatihan, dan observasi. Hasil: Penelitian menunjukkan pengetahuan peserta setelah pelatihan lebih tinggi secara bermakna dibandingkan sebelum pelatihan (p<0,05), tingkat kepuasan peserta terbanyak adalah kategori cukup puas (62%), aspek kepuasan tertinggi adalah proses belajar. Beberapa masukan untuk perbaikan pelatihan antara lain waktu pelaksanaan, memperbanyak latihan keterampilan klinis, dan praktik dengan pasien nyata. Beberapa kendala yang dihadapi adalah penyesuaian jadwal narasumber, konsistensi kehadiran peserta, pelaksanaan ujian keterampilan klinik. Kesimpulan: Pelatihan dokter Puskesmas ini meningkatkan pengetahuan tentang penyakit non-spesialistik, tetapi proses pelaksanaannya perlu disempurnakan sesuai masukan peserta dengan mempertimbangkan kendala yang ada.

Keywords

pelatihan; dokter; evaluasi

Full Text:

PDF

References

British Medical Association Health Policy and Economic Research Unit; British Medical Association. Factors capable of influencing an increase in GP referral rates to secondary care (England only). London: British Medical Association; 2009.

Nazriati E. Profil Rujukan Kasus Non Spesialistik pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer di Kota Pekanbaru-Riau; Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional 2015; 9(4):327-332.

Kirkpatrick DL, Kirkpatrick JD. Evaluating Taining Program. Berrett-Koehler Publishers; 2009.

Sein NN, Tumbo J. Determinants of effective medical intern training at a training hospital in North West Province, South Africa. African journal of health professions education 2012; 4(1):10-14. DOI:10.7196/AJHPE.100.

Dent AJ, Harden RM, A Practical Guide for Medical Teachers. 3rd Ed. US: Elsevier Limitted; 2009.

Giamto WK. Empowering Rural-Remote Doctors Through Distance Cme: A Literature Study. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2016; 5(1):45-52.

Familycentredcare.org Home Care, Health Care and End of Life Care, The Family Caregiver Handbook, (cited 2009 July 12) Available from: http://www.familycentredcare.org.

Berlin A, Carter F. Teaching & Learning in The Community. Introduction of Deanery’s new web based learning package for clinical teachers (cited 2009 July 24). Available from http://www.gmc-uk.org.

Nieman ZL, Cheng L. Chronic illness needs educated doctors: An innovative primary care training program for chronic illness education. Medical Teacher. 2011;33:6,e340-e348, DOI:10.3109/0142159X.2011.558532.

Evans E, Aiking H, Edwards A. Reducing variation in general practitioner referral rates through clinical engagement and peer review of referrals: a service improvement project. Quality in Primary Care. 2011; 19(4):263-72.



-->