Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Digitalisasi Layanan Rumah Sakit Berdasarkan Importance-Performance Analysis

Adila Kasni Astiena

Abstract

Tujuan: menghasilkan bahan kajian tingkat kepuasan pengguna terhadap digitalisasi layanan rumah sakit. Metode: Penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan Model Importance-Performance Analysis. Responden berjumlah 80 pengguna layanan rawat jalan. Penelitian dilakukan pada Juli-November 2021 di Instalasi Rawat Jalan sebuah rumah sakit pemerintah di Kota Padang. Pengumpulan data melalui kuesioner pre dan post intervensi dengan 16 pertanyaan yang telah diuji validitas reliabilitasnya. Variabel dijabarkan pada aspek praktikalitas dan efektivitas. Aspek praktikalitas terdiri dari 4 variabel yaitu kebergunaan, kemudahan penggunaan, kemudahan mempelajari, kualitas rupa. Variabel efektivitas terdiri dari keramahan terhadap pengguna, kelengkapan informasi dan fleksibilitas. Data dianalisis dengan menentukan tingkat kesesuaian dibandingkan Standar Pelayanan Minimum (SPM). Hasil: semua pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Mayoritas responden menilai tingkat harapan pada kategori sangat penting. Sebagian besar responden menilai performance aplikasi pada kategori puas. Berdasarkan analisis didapatkan bahwa tingkat kesesuaian berada pada rentang nilai 93% - 100%, yang melebihi SPM.  Nilai terendah yaitu kerahasiaan identitas pasien, kelengkapan menu dan kemudahan memahami aplikasi. Kesimpulan: Semua variabel mampu memuaskan pengguna digitalisasi layanan rawat jalan. Disarankan untuk lebih meningkatkan sosialisasi dan edukasi penggunaan digitalisasi layanan pada pasien, memastikan keamanan data dan melatih operator yang kompeten dan terpercaya.

Keywords

Kepuasan; Digitalisasi; Rawat Jalan; Importance Performance Analysis

Full Text:

PDF

References

BPJS Kesehatan. Ringkasan Eksekutif Laporan Pengelolaan Program dan Laporan Keuangan Jaminan Kesehatan Nasional [Internet]. 2016. Available from: https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/arsip/categories/MzA?keyword=&per_page=10

BPJS Kesehatan. Jumlah Peserta BPJS [Internet]. 2019. Available from: https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/searching?cx=003799789951844657258%3Agm9ldb5l92c&cof=FORID%3A11&q=jumlah+peserta+bpjs+2019

Rahayu S. Analisis Kualitas Pelayanan Bpjs Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Sakit Natar Medika Natar Lampung Selatan. J ARSI [Internet]. 2016;02(02):1689–99. Available from: https://arxiv.org/pdf/1707.06526.pdf%0Ahttps://www.yrpri.org%0Ahttp://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000%0Ahttps://www.fordfoundation.org/%0Ahttp://bibliotecavirtual.clacso.org.ar/Republica_Dominicana/ccp/20120731051903/prep%0Ahttp://webpc.cia

Bustani NM, Rattu AJ, Saerang JSM. Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara. J e-Biomedik. 2015;3(3).

Johnson WL, Rosenfeld LS. Factors Affecting Waiting Time in Ambulatory Care Services. 1968.

Laeliyah N, Subekti H. Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Vol. 1. 2017.

Tena IS. Faktor Penyebab Lama Waktu Tunggu di Bagian Pelayana Rekam Medis Rawat Jalan RSUD Panembahan Senopati Bantul. Stikes Jenderal Achmad Yani; 2017.

Torry T, Koeswo M, Sujianto S. Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Kesehatan kaitannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Klinik penyakit dalam RSUD Dr. Iskak Tulungagung. J Kedokt Brawijaya. 2016;29(3):252–7.

Ernawati E, Pertiwiwati E, Setiawan H. Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Nerspedia. 2018;1(April):1–10.

Tafdhiel, Kasrin R. Hubungan Lama Waktu Tunggu di Poli Interne Dengan Kepuasan Pasien di RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi Tahun 2017 Relationship Length of Time Patient Waiting In Poly Interne With Patient Satisfaction In Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi Year 2017. J Kesehat Prima Nusant Bukittinggi [Internet]. 2018;9(1):54. Available from: http://ejurnal.stikesprimanusantara.ac.id/index.php/JKPN/article/view/349

Afif IF. Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Unit Rawat Jalan di RSUD Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2017. Universitas Andalas; 2017.

Dewi S, Machmud R, Lestari Y. Analisis Waktu Tunggu Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Achmad Darwis Suliki Tahun 2019. J Kesehat Andalas. 2020;8(4):175–84.

Astiena AK, Lipoeto NI, Srimayarti BN, Wahyuni A, Azmi F. Laporan Survey Standar Pelayanan Minimum Waktu Tunggu dan Kepuasan Pelanggan RSUD Tahun 2018 [Internet]. Computers and Industrial Engineering. Padang; 2018. Available from: http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand

Sousa MJ, Rocha Á. Digital learning: Developing skills for digital transformation of organizations. Futur Gener Comput Syst [Internet]. 2019;91:327–34. Available from: https://doi.org/10.1016/j.future.2018.08.048

Beaulieu M, Bentahar O. Digitalization of the healthcare supply chain: A roadmap to generate benefits and effectively support healthcare delivery. Technol Forecast Soc Change [Internet]. 2021;167(March 2020):120717. Available from: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120717

Ciampi F, Faraoni M, Ballerini J, Meli F. The co-evolutionary relationship between digitalization and organizational agility: Ongoing debates, theoretical developments and future research perspectives. Technol Forecast Soc Change. 2022 Mar;176:121383.

Irmagita A, Septorini Y. Indonesian Dentists ’ Perception of the Use of Teledentistry. Int Dent J [Internet]. 2022;0:1–8. Available from: https://doi.org/10.1016/j.identj.2022.04.001

Martínez-Caro E, Cegarra-Navarro JG, Alfonso-Ruiz FJ. Digital technologies and firm performance: The role of digital organisational culture. Technol Forecast Soc Change [Internet]. 2020;154(June 2019):119962. Available from: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.119962

Mohapatra B, Tripathy S, Singhal D, Saha R. Significance of digital technology in manufacturing sectors: Examination of key factors during Covid-19. Res Transp Econ [Internet]. 2021;(August 2020):101134. Available from: https://doi.org/10.1016/j.retrec.2021.101134

Alexandra S, Handayani PW, Azzahro F. Indonesian hospital telemedicine acceptance model: the influence of user behavior and technological dimensions. Heliyon. 2021;7(12).

Astiena AK, Hadiguna RA, Iswanto AH, Hardisman, Irfan D, Hariselmi. Rawat Jalan RSUD Padang. Google Play Store. 2020.

Kementerian Kesehatan. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimum Rumah Sakit. Jakarta; 2008.

Ruhara MC, Kioko UM. Effect of Health Insurance on Demand for Outpatient Medical Care in Rwanda: An Application of the Control Function Approach. Rwanda J. 2016;3(1):77.

Zidel TG. Rethinking Lean in Healthcare : A Business Novel on How a Hospital Restored Quality Patient Care and Obtained Financial Stability Using Lean. Boca Raton: CRC Press; 2017.

Chen BL, Li ED, Yamawuchi K, Kato K, Naganawa S, Miao WJ. Impact of adjustment measures on reducing outpatient waiting time in a community hospital: Application of a computer simulation. Chin Med J (Engl). 2010;123(5):574–80.

Ben-Tovim DI, Bassham JE, Bolch D, Martin MA, Dougherty M, Szwarcbord M. Lean Thinking Across a Hospital: Redesigning Care at the Flinders Medical Centre. Aust Health Rev. 2007;31(1):10–5.

Berwick DM, Hackbarth AD. Eliminating waste in US health care. JAMA - J Am Med Assoc. 2012;307(14):1513–6.

Aziati AHN, Hamdan NSNSB. Application of queuing theory model and simulation to patient flow at the outpatient department. Proc Int Conf Ind Eng Oper Manag. 2018;2018-March(January):3016–28.

Pan X, Geng N, Xie X, Wen J. Managing appointments with waiting time targets and random walk-ins. Omega (United Kingdom) [Internet]. 2020;95. Available from: https://doi.org/10.1016/j.omega.2019.04.005

Tortorella GL, Fogliatto FS, Saurin TA, Tonetto LM, McFarlane D. Contributions of Healthcare 4.0 digital applications to the resilience of healthcare organizations during the COVID-19 outbreak. Technovation. 2021;



-->