Pengaruh Persepsi Pembelajaran Daring terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen
Abstract
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh persepsi pembelajaran daring terhadap kesehatan mental pada mahasiswa dan mahasiswi di Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen. Metode: Penelitian merpakan penelitian observasional dengan pendekatan potong lintang (cross sectional) pada 86 orang mahasiswa maupun mahasiswi yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Hasil: Mayoritas responden dalam penelitian ini cenderung menunjukkan gambaran depresi dan stress yaitu sebanyak 61 orang dan 51 orang. Persepsi pembelajaran daring cenderung menyebabkan terjadinya depresi (Nilai P: 0.032; unadjusted OR [IK95%]: 0.208 [0.044-0.975]). Namun, persepsi pembelajaran daring tidak mempengaruhi aspek kesehatan mental lainnya seperti kecemasan (Nilai P: 0.104) maupun stress (Nilai P: 0.103). Namun, setelah dilakukan analisa regresi logistik antara persepsi pembelajaran daring terhadap kesehatan mental dengan memasukkan karakteristik responden dalam model analisa, hubungan antara persepsi pembelajaran daring dan kesehatan mental menjadi tidak signifikan. Kesimpulan: Secara simultan persepsi pembelajaran daring tidak mempengaruhi kesehatan mental mahasiswa maupun mahasiswi fakultas kedokteran dikarenakan keragaman pada karakteristik mahasiswa maupun mahasiswi sebagai responden.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sahin AR. 2019 Novel Coronavirus (COVID-19) Outbreak: A Review of the Current Literature. Eurasian J Med Oncol. 2020;4(1):1–7.
Singhal T. A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). Indian J Pediatr. 2020;87(4):281–6.
Kwok KO, Wei WI, Huang Y, Kam KM, Chan EYY, Riley S, et al. Evolving epidemiological characteristics of COVID-19 in Hong Kong from January to August 2020: Retrospective study. J Med Internet Res. 2021;23(4).
Hikmawati I, Setiyabudi R. Epidemiology of COVID-19 in Indonesia: common source and propagated source as a cause for outbreaks. J Infect Dev Ctries. 2021;15(5):646–52.
World Health Organization. Update on coronavirus disease in Indonesia [Internet]. World Health Organization. 2021 [dikutip 8 Agustus 2021]. Tersedia pada: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus
Masyah B. Pandemi COVID-19 terhadap kesehatan dan psikososial. J Keperawatan. 2020;2(8):353–62.
Harahap DA. Upaya memutuskan rantai penularan COVID-19. OsfIo. 2020;
Livana, Mubin, & Basthomi Y. Penyebab stres mahasiswa selama pandemi COVID-19. J Ilmu Keperawatan Jiwa. 2020;3(2):203–8.
Dewi EU. pengaruh kecemasan saat pembelajaran daring masa pandemi COVID-19 terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes William Surabaya. J Keperawatan. 2020;9(1):18–23.
Hasanah U, Ludiana, Immawati, PH L. Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. J Keperawatan Jiwa. 2020;8(3):299–306.
Fauziyyah R, Awinda RC, Besral B. Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi COVID-19. J Biostat Kependudukan, dan Inform Kesehat. 2021;1(2):113.
Maia BR, Dias PC. Anxiety, depression and stress in university students: The impact of COVID-19. Estud Psicol. 2020;37:1–8.
Moy FM, Ng YH. Perception towards E-learning and COVID-19 on the mental health status of university students in Malaysia. Sci Prog. 2021;104(3):1–18.
14. Kecojevic A, Basch CH, Sullivan M, Davi NK. The impact of the COVID-19 epidemic on mental health of undergraduate students in New Jersey, cross-sectional study. PLoS One [Internet]. 2020;15(9 September):1–16. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0239696
Purnawinadi IG. Dampak Pandemi COVID-19 Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tahap Akademik. J Sk Keperawatan [Internet]. 2021;7(1):63–9. Tersedia pada: https://jurnal.unai.edu/index.php/jsk/article/view/2485
Panjaitan JSG, Suhartomi. Hubungan antara Aspek Kesehatan Mental dan Persepsi Tentang Pembelajaran Daring Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Maupun Mahasiswi di Fakultas Kedokteran HKBP Nommensen. J Ilm Simantek. 2022;6(1):54–62.
Browning MHEM, Larson LR, Sharaievska I, Rigolon A, McAnirlin O, Mullenbach L, et al. Psychological impacts from COVID-19 among university students: Risk factors across seven states in the United States. PLoS One [Internet]. 2021;16(1):e0245327. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0245327
Muthuprasad T, Aiswarya S, Aditya KS, Jha GK. Students’ perception and preference for online education in India during COVID -19 pandemic. Soc Sci Humanit Open [Internet]. 2021;3(1):100101. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100101