PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA KEPANITERAAN KLINIK DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Hardisman Hardisman, Yulistini Yulistini

Abstract

Abstrak
Tujuan akhir dari pendidikan kepaniteraan klinik adalah untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, yang mana setelah menyelesaikan kepaniteraan klinik tersebut, mahasiswa harus mencapai level kompetensi sesuai yang ditegaskan dalam kurikukulum. Untuk menilai pencapaian kompetensi mahasiswa setelah menyelesaikan kepaniteraan klinik tersebut, sebuah penelitian evaluatif dilakukan dari Februari hingga September 2009 di Bagian Penyakit Dalam, Bedah dan Kesehatan Anak. Standar Kompetensi Dokter dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) digunakan sebagai dasar penilaian pencapaian kompetensi. Data-data dianalisa secara deskriptif, dengan fokus pada standar kompetensi level 3 dan 4. Penelitian dilakukan pada dua siklus rotasi kepaniteraan klinik. Dua ratus dua puluh empat mahasiswa dari total 249 (response rate 90%) berpartisipasi pada penelitian ini, dengan jumlah masing -masing bagian secara berurutan 72, 75 dan 77 orang. Didapatkan, mahasiswa mencapai level kompetensi dalam melakukan tindakan pemeriksaan klinik pada semua bagian tersebut. Pencapaian kompetensi dalam melakukan tindakan terapeutik dan invasif hanya tercapai pada Bagian Kesehatan Anak. Akan tetapi, mahasiswa tidak mencapai level kompetensi yang diharapkan dalam melakukan penatalaksanaan kasus pada Bagian Penyakit Dalam, Bedah dan Kesehatan Anak. Mereka mencapai level kompetensi pada level sedang (mencapai rata-rata 3 dari level 4 yang diharapkan) dalam melakukan penatalaksanaan kasus-kasus penyakit infeksi virus pada anak. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa perlu dilakukan peningkatan penataan dalam proses pendidikan klinik yang mencakup bimbingan yang optimal dan pengalaman penatalaksanaan kasus-kasus yang cukup.
Kata Kunci: Kepaniteraan klinik, pengalaman dan kompetensi.
ARTIKEL PENELITIAN
89
Abstract
The goal of clinical clerkship is to achieve professional of medical competencies. The students have to achieve required competencies as stated in the core curriculum after completing the clerkship. An evaluative research was conducted between February and September 2009 to assess clinical performance and competencies of Andalas Medical Students, in Department of Internal Medicine, Surgery and Pediatrics. Standard of clinical competencies from Indonesian Medical Council was used as standard levels the competencies. Later, the data was analyzed descriptively which focus on competencies of level 3 and 4. The study was conducted on two periods of clinical rotation. Two hundreds and twenty four students out of 249 (response rate 90%) participated in this study, which consist of 72, 75 and 77 in each department respectively. The students achieve required level of skill competencies in conducting clinical examination in all departments. However, they achieve required level of competencies in conducting invasive procedure and therapeutic skills are only in Department of Pediatrics. The students do not achieve required level of competencies in management of clinical cases in the Department of Internal Medicine, Surgery and Pediatrics. They achieve competencies only within medium level (level 3 of required level 4) in management of viral infections in pediatrics. The finding of the study implies that the implementation of clinical clerkship should be improved, which includes optimal supervision and exposure to clinical cases.
Key words: Clerkship, experiences and clinical competencies.

Full Text:

PDF


-->