Artritis Septik

Najirman Najirman, Rikarni Rikarni, Rika Florensia

Abstract

Artritis septik (dikenal juga dengan artritis piogenik atau artritis supurativa) merupakan kondisi emergensi akibat infeksi oleh bakteri pada sendi sehingga mengakibatkan terbentuknya pus pada rongga sendi bersangkutan. Beberapa faktor risiko dapat meningkatkan insiden terjadinya artritis septik. Diagnosis dan tatalaksana dini penting dilakukan dalam kondisi ini untuk mencegah kerusakan sendi. Kami melaporkan sebuah kasus artritis septik pada laki-laki dewasa dengan DM tipe II, dislipidemia, dan tromboemboli vena. Seorang laki-laki 37 tahun dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil dengan keluhan lutut kanan nyeri, bengkak, kemerahan, dan kaku dengan riwayat DM tipe II tidak terkontrol. Pada pemeriksaan fisik, ditemukan tanda inflamasi pada lutut kanan disertai keterbatasan ROM. Punksi  dan analisis cairan sendi dilakukan untuk memastikan diagnosis yang diderita pasien tersebut. Dilakukan penatalaksanaan dengan memberikan, steroid, gabapentin, ditambahkan ketorolak serta antibiotik spektrum luas. Penyakit sekunder yang menyertainya juga ditatalaksana sebagaimana mestinya.

 

Full Text:

PDF

References

Najirman. Artritis Septik. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. 6th edition. Jakarta Pusat: Interna Publishing; 2014.

Perhimpunan Reumatologi Indonesia. Buku Saku Reumatologi. 2020.

Momodu II, Savaliya V. Septic Arthritis. 2021 8 Jul. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island: StatPearls Publishing; 2021 Jan–. PMID: 30844203.

Margaretten ME, Kohlwes J, Moore D, Bent S. Does this adult patient have septic arthritis? JAMA. 2007 Apr 4;297(13):1478-88. doi: 10.1001/jama.297.13.1478. PMID: 17405973.

Pendekatan Diagnosis dan Tatalaksana Septic Arthritis. Adjie, Riko Febrian Kunta. Nusa Tenggara Timur: Cermin Dunia Kedokteran , 2018, Vol. 45.

Post-Traumatic Arthritis: Overview on Pathogenic Mechanisms and Role of Inflammation. Punzi, Leonardo, Paola Gallozi, Roberto Luisetto, Marta Favero, Roberta Ramonda, Francesca Oliviero, Anna Scanu. Padova, Italy: BMJ, 2016.

Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Dewasa. s.l: PB PERKENI, 2019.

Pedoman Pengelolaan Dislipidemia Di Indonesia 2019. s.l.: PB PERKENI, 2019.

Venous Thromboembolism Prophylaxis. Laryea, Jonathan, Bradley Champagne. New York: Thieme Medical Publisher, 2013.



-->