Pengaruh Pengetahuan dan Umur Ibu Bersalin dengan Kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di RSUD Lamaddukkelleng Sengkang Tahun 2021

Yammar Yammar

Abstract

Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengetahuan ibu bersalin dengan kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) Di RSUD Lamaddukkelleng Sengkang tahun 2021. Metode: Desain penelitian ini adalah Analitik Cross Sectional. Populasinya semua ibu bersalin yang melahirkan bayi BBLR di RSUD Lamaddukkeleng Sengkang tahun 2021 berjumlah 38 orang. Sampelnya 38 orang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitan menggunakan lembar kuesioner dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating. Dan analisis yang digunakan uji chi square test. Hasil: dibuktikan dengan hasil uji statuistik chi square test diperoleh angka signifikan atau nilai probabilitas (0,000) jauh lebih rendah standar signifikan dari 0,05 atau (ρ < α). Maka data Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh pengetahuan ibu bersalin dengan kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di RSUD Lamaddukkelleng Sengkang Tahun 2021. Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada da pengaruh pengetahuan ibu bersalin dengan kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di RSUD Lamaddukkelleng Sengkang Tahun 2021.

Keywords

Pengetahuan; dan Berat Badan Lahir Rendah

Full Text:

PDF

References

World Health Organitation. Materi Pembelajaran Kesehatan Ibu & Anak. Edukia; 2013.

Riyanto Budiman A. Kapita selekta kuesioner pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta: Salemba Medika; 2013.

Kemenkes RI. Pedoman Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Kemeterian kesehatan RI; 2014. 507 p.

Pantiawati I. Bayi dengan BBLR (Berat Badan Lahir Rendah). Yogyakarta. Nuha Medika; 2010.

Kementerian Kesehatan. Survei Demografi Dan Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta; 2013.

RISKESDAS 2013. RISET KESEHATAN DASAR (RISKESDAS 2013). Jakarta; 2013.

Notoatmodjo S. Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2010.



-->