Phonological Limitations of Children with Cerebral Palsy

Ihsanul Fuadi Yusda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait limitasi fonologis yang terjadi akibat kesalahan fonologis yang diujarkan oleh penyandang cerebral palsy, yakni pada kasus Fahri dan Fatir yang berstatus sebagai siswa SLB Negeri 1 Padang, Sumatra Barat. Metode: Penelitian ini menerapkan metode pemerhatian analitik, studi kasus, dan observasi alami, serta metode narrative recording behavior. Dilanjutkan dengan penerapan teknik rekam dan teknik catat. Pada penelitian ini digunakan instrumen aplikasi praat dan kartu gambar. Kemudian dianalisis menggunakan metode padan artikulatoris dengan teknik dasarnya teknik pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutannya ialah teknik hubung banding membedakan (HBB). Hasil: limitasi fonologis yang dialami kedua subjek penelitian disebabkan oleh kesalahan fonologis yang terdapat pada ujaran mereka. Kesalahan fonologis tersebut ialah substitusi, omisi, adisi, dan distorsi dengan persentase masing-masingnya ialah 51,89%, 26,58%, 11,39%, dan 10,12% (untuk Fahri) dan 56,25%, 36,25%, 1,25%, dan 6,25% (untuk Fatir). Kesimpulan: Ditemukannya empat kesalahan fonologis sebagai bentuk penyebab limitasi fonologis pada ujaran kedua subjek penelitian yang menyandang disabilitas cerebral palsy. Dengan kesalahan fonologis yang dominan pada keduanya, yakni kesalahan fonologis substitusi.

Keywords

neurolinguistics

Full Text:

PDF

References

Blumstein, Sheila E. “Neurolinguistics: An Overview of Language-Brain” dalam Language: Psychological and Biological Aspects, ed. F.J. Newmeye. 1994. 210—236. Cambridge: Cambridge University Press.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. (2014). “Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2014). Available on: http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202014

Burkhardt, J. S “Effectivties of Constraint-Induces Movement Therapy for Functional Use in Children With Spastic Hemiplegic Cerebral Palsy; A Systemic Review” available on American Journal of Occupational Therapy. 2017. Vol. 71: 389—394.

Ciocca, Valter, Tara L. Whitehill, dan Ma Ka Yin. “The Impact of Cerebral Palsy on The Intelligibility of Pitch-Based Linguistic Contrasts” Available on Journal of Physiological Anthropology and Applied Human Science. 2014. 23 (6): 283—287. http://www.jstage.jst.go.jp/browse/jpa

Ferdous, Fahmi, et al. “The Nature of Language Problem in Bangladeshi Children with Cerebral Palsy: An Observation Using Neurolinguistic Approach”. Available on International Journal of Perception in Public Health (IJPPH). 2017. Volume 2, Issue 1.

Kohn, Susan E. “Phonological Production Deficits in Aphasia” available on Phonological Process and Brain Mechanisme, ed. H.A. Whitaker. 1993: 93–97. New York: Springer Verlag.

M., Sarah, et al. A Systematic Review of Risk Factors for Cerebral Palsy in Children Born at Term in Developed Countries. 2012. Developmental Medicine & Child Neurology. London: Mac Keith Press.

Menn, Lise. “Neurolinguistics”. 2019. available on https://www.linguisticsociety.org/resource/neurolinguistics

Moster, Dag, et al. “Cerebral Palsy Among Term and Posttern Births” dalam Journal of The American Medical Association (JAMA).2010 (9): 304.

Nunan, DavidResearch Methods in Language Learning Cambridge Language TeachingLibrary. 2005. Cambridge: Cambridge University Press.

Stavsky, M., et al. “Cereberal Palsy—Trends in Epidemiology anad Recent Development in Prenatal Mechanisms of Disease, Treatment, and Prevention. Frontiers in Journal of Pediatrics. 2017. Vol. 5 (2): 1–10.

White, Meghan Darling, Ashley Sakash, dan Katherine C. Hustad. “Characteristics of Speech Rate in Children with Cerebral Palsy: A Longitudinal Study” dimuat dalam Journal of Speech, Language, and Hearing Research: American Speech-Language- Hearing Association. 2018. 1—14. https://doi.org/10.1044/2018_JSLHR-S-17-0003.



-->