Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Komunikasi Kesehatan di Pelayanan Kesehatan Primer Selama Masa Pandemi Covid-19

Putriana Fuji Safitri, Rizma Adlia Syakurah

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mendeskripsikan faktor yang memengaruhi kualitas komunikasi kesehatan di Puskesmas dan/atau Klinik terhadap masyarakat selama masa pandemi Covid-19; Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) yang memaparkan dan menganalisis hasil wawancara dengan informan. Sampel penelitian merupakan dokter yang bekerja di Puskesmas/Klinik. Wawancara dilakukan di bulan Oktober 2020; Hasil: Hasil penelitian didapatkan model komunikasi dari teori Schramm yang berfokus pada proses encode dan decode. Terdapat 5 topik sebagai indikator kualitas pelayanan yaitu reliability, assurance, empathy, dan tangible. Kelima aspek tersebut mencakup, edukasi, prosedural konsultasi, fasilitas yang tersedia, dan kemampuan para dokter dalam berkomunikasi. Pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas/Klinik sudah mengukuti standar yang dianjurkan oleh Pemerintah Indonesia; Kesimpulan: Perubahan pelayanan kesehatan pada Puskesmas/Klinik mengacu pada Surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia dan rekomendasi dari WHO. Tenaga medis yang bekerja di Puskesmas/Klinik harus mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut serta memberikan edukasi kepada masyarakat guna membantu penganggulangan dan pencegahan Covid-19 di Indonesia

Keywords

COVID-19; Komunikasi Kesehatan; Layanan Primer; Dokter Umum

Full Text:

PDF

References

Jin Y, Yang H, Ji W, Wu W, Chen S, Zhang W, et al. Virology, epidemiology, pathogenesis, and control of covid-19. Viruses. 2020;12(4):1–17.

Huang, Chaolin, et al. Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. Lancet. 2020;395(January):497–506.

Kementrian Kesehatan RI. Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas Pada Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan; 2020.

KemenkesRI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MenKes/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). MenKes/413/2020. 2020;2019:1–207.

Gugus Percepatan Penanganan COVID-19. Perkembangan Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Per-Hari. https://covid19.go.id/peta-sebaran. Published 2020. Accessed November 8, 2020.

Kementrian Kesehatan RI. Peraturan Mentrei Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional. 2013.

Nedra W, Sp A. Upaya Layanan Primer dalam Tatalaksana Covid-19.2020

Hadiyanto H. Peran Dokter Di Layanan Primer Pada Era Pandemi Covid-19. J Kedokt dan Kesehat Publ Ilm Fak Kedokt Univ Sriwij. 2020;7(3):15–24. doi: https://doi.org/10.32539/JKK.V7I3.11572

Harahap RA, Putra FE. Buku Ajar Komunikasi Kesehatan. Vol. 53, Journal of Chemical Information and Modeling. 2019. 287 p.

Rahmadiana M. Komunikasi Kesehatan : Sebuah Tinjauan. J Psikogenes. 2012;1(1):88–94.

Chandra, M., Syakurah, R.A. “Potential use of personal protection online searching during COVID-19 pandemic and Monitoring Public Response,” Interational Journal of Public Health Science (IJPHS). 2020; 9(4). http://doi.org/10.11591/ijphs.v9i4.20547

Verhoeven V, Tsakitzidis G, Philips H, Van Royen P. Impact of the COVID-19 pandemic on the core functions of primary care: Will the cure be worse than the disease? A qualitative interview study in Flemish GPs. BMJ Open. 2020;10(6). doi: http://dx.doi.org/10.1136/bmjopen-2020-039674

Jiménez-Rodríguez D, García AS, Robles JM, Salvador MDMR, Ronda FJM, Arrogante O. Increase in video consultations during the COVID19 pandemic: Healthcare professionals’ perceptions about their implementation and adequate management. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(14):1–14.

Budi Setyawan FE, Supriyanto S, Tunjungsari F, Nurlaily Hanifaty WO, Lestari R. Medical staff services quality to patients satisfaction based on SERVQUAL dimensions. Int J Public Heal Sci. 2019;8(1):51.

Irmawati S, Sultan M, Nurhannis. Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu. J Katalogis. 2017;5(1):188–97.

Suzanto B. Umum Kota Banjar. Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kota Banjar. 2011;5(1):26–8.

Syaifudin F. Media Komunikasi Mahasiswa dalam Meningkatkan Prestasi Studi (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya). Univ Islam Sunan Ampel. 2016;

Infeksi P, Tertentu E, Rumah B, Yang S, Pelayanan M, Biaya P, et al. Ini Peran BPJS Kesehatan dalam Penanganan Covid-19. 2020;5–8.

Rahartri. “Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka [Internet]. 2019;21(2):147–56. Available from: https://ejournal.perpusnas.go.id/vp/article/view/552https://ejournal.perpusnas.go.id/vp/article/view/552

Liu S, Xie M, Ye Z. Combating COVID-19—How Can AR Telemedicine Help Doctors More Effectively Implement Clinical Work. J Med Syst. 2020;44(9):2–3.

Kemenkes. Surat Edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.02.01/Menkes/303/2020 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Co. 2020;2016:2–5.

BPJS Kesehatan. Penguatan Faskes Primer. BPJS Kesehat [Internet]. 2014; Available from: http://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/9315996460e2d1634b1971f5d72af54d.pdf

Kemenkes. Pedoman kesiapan menghadapi COVID-19. Pedoman kesiapan menghadapi COVID-19. 2020;0–115.

Mash B. Primary care management of the coronavirus (Covid-19). South African Fam Pract. 2020;62(1):1–4.

WHO. Role of Primary Care in the COVID-19 Response. Interim Guid [Internet]. 2020;1(March):1–8. Available from: https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/331921/Primary-care-COVID-19-eng.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Sharma SC, Sharma S, Thakker A, Sharma G, Roshan M, Varakantam V. Revolution in UK General Practice Due to COVID-19 Pandemic: A Cross-Sectional Survey. Cureus. 2020;12(8).

Madden N, Emeruwa UN, Friedman AM, Aubey JJ, Aziz A, Baptiste CD, et al. Telehealth Uptake into Prenatal Care and Provider Attitudes during the COVID-19 Pandemic in New York City: A Quantitative and Qualitative Analysis. Am J Perinatol. 2020;37(1):1005–14.

Ohannessian R, Duong TA, Odone A. Global Telemedicine Implementation and Integration Within Health Systems to Fight the COVID-19 Pandemic: A Call to Action. JMIR Public Heal Surveill. 2020;

IDI. Pedoman Standar Perlindungan Dokter di Era Covid-19. Ikatan Dokter Indonesia. 2020. 40 p.

Garg S, Basu S, Rustagi R, Borle A. Primary Health Care Facility Preparedness for Outpatient Service Provision During the COVID-19 Pandemic in India: Cross-Sectional Study. JMIR Public Heal Surveill. 2020;6(2):e19927.

Menteri Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. 2019.

Kementeri Kesehatan Indonesia. Komunikasi Penanganan Coronavirus Disease 1029 (COVID-19). Kementeri Kesehat Indones. 2020;1–32.

WHO. Penggunaan rasional alat perlindungan diri untuk penyakit coronavirus ( COVID-19 ) dan pertimbangan jika ketersediaan sangat terbatas. World Heal Organ [Internet]. 2020; Available from: WHO/2019-nCov/IPC_PPE_use/2020.2

Siahaineinia HE, Bakara TL. Persepsi Masyarakat Tentang Penggunaan Masker Dan Cuci Tangan Selama Pandemi Covid-19 Di Pasar Sukaramai Medan. Wahana Inov J Penelit dan Pengabdi Masy UISU [Internet]. 2020;9(1):173–6. Available from: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/2874

Nutbeam D. Health literacy as a public health goal: A challenge for contemporary health education and communication strategies into the 21st century. Health Promot Int. 2000;15(3):259–67.

Nasir NM, Baequni B, Nurmansyah MI. Misinformation Related To Covid-19 in Indonesia. J Adm Kesehat Indones. 2020;8(2):51.

Mian A, Khan S. Coronavirus: The spread of misinformation. BMC Med. 2020;18(1):18–9.

WHO. Pelayanan Kesehatan Berbasis Komunitas termasuk Penjangkauan dan Kampanye dalam Konteks Pandemi Covid-19. 2020. 5–8 p.

Cahyani FT, Widati S. Pengaruh Pengetahuan dan Ketersediaan APD terhadap Kepatuhan Pemakaian Pekerja PT. PLN. Maj Kesehat Masy Aceh. 2020;3(1):21–30.

Helou S, El Helou E, Abou-Khalil V, Wakim J, El Helou J, Daher A, et al. The effect of the covid-19 pandemic on physicians’ use and perception of telehealth: The case of lebanon. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(13):1–17.

Al Ghafri T, Al Ajmi F, Anwar H, Al Balushi L, Al Balushi Z, Al Fahdi F, et al. The Experiences and Perceptions of Health-Care Workers During the COVID-19 Pandemic in Muscat, Oman: A Qualitative Study. J Prim Care Community Health. 2020;11.

Syakurah, Rizma Adlia; Moudy, Jesica. Pengetahuan terkait Usaha Pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 2020, 4.3: 333-346



-->