EVALUASI SOAL UJIAN TULIS BLOK 5 TAHUN AJARAN 2007/2008
Abstract
Abstrak
Evaluasi ujian mahasiswa sebagai bagian dari program evaluasi adalah sangat penting dalam program pendidikan. Diketahui secara luas bahwa ujian mahasiswa harus kongruen dengan proses pelajaran termasuk bahan ujian. Kualitas ujian dapat mempengaruhi merk dari mahasiswa karena itu evaluasi bahan ujian merupakan bagian penting dari evaluasi ujian mahasiswa.
Suatu penelitian telah dilakukan tentang evaluasi soal ujian tulis Blok 5 yang dilakukan dalam 2 hari. Evaluasi soal dilakukan dengan menggunakan program akademik ACAS (Andalas Comprehensive Assessment System), terhadap 2 grup, mahasiswa reguler dan mahasiswa reguler mandiri. Di mana hasil ujiannya tidak baik karena hasil yang di dapat 69,32% dari mahasiswa reguler mandiri dan 19,27% dari mahasiswa reguler tidak lulus.
Berdasarkan indeks kesukaran pada kedua grup, ujian pada hari pertama memberikan hasil 4% dari soal ujian sangat sukar dan 17% sukar, sedangkan ujian pada hari kedua memberikan hasil 53% soal ujian sangat sukar dan 43% sukar.
Berdasarkan indeks kejelekan pada kedua grup, ujian pada hari pertama memberikan hasil 3% soal ujian sangat jelek dan harus di buang, 29% jelek, sedangkan ujian pada hari kedua memberikan hasil 6% soal ujian sangat jelek dan harus di buang, 29% jelek.
Dapat dikatakan bahwa soal ujian tulis pada hari kedua lebih sukar dibandingkan dengan soal hari pertama.
kata kunci : Evaluasi soal ujian tulis blok 5- tahun ajaran 07/08
Abstract
Evaluation of student assessment as part of program evaluation is very important in education program. It is widely known, that student assessment must be congruent with learning process including item of assessment. Qualitry of the item may effect students’ mark. There fore evaluation of the item is important part of student assessment evaluation.
A research has been recently performed on evaluation of written test item of Block 5 and written test itself was undertaken in two days. Evaluation of item was conducted by using Program of Academic Andalas Comprehensive Assessment System (ACAS), which was run on two group of students reguler and independent reguler. Since the result of the assessment were not satisfied because
ARTIKEL PENELITIAN
152
results found 69,32% of the independent regular students and 19,27% of the regular student does not pass.
Based on difficulty index in both group, result showed that on the first day exam 4% of item are very difficult, 17% are difficult and on the second day exam 53% of item are very difficult, 43% are difficult.
Based on discrimination index in both group, result showed that on the first day exam 3% of item are worst and must be discarded, 29% are bad and on the second day exam 6% of item are worst and must be discarded, 29% are bad.
It can be concluded that items of assessment on the second day exam more difficult than the first day.
keywords : evaluation of written test item block 5 academic year 07/08