PERDARAHAN INTRAKRANIAL PADA BAYI DI RUMAH SAKIT DR. M. DJAMIL

Amirah Zatil Izzah, Iskandar Syarif

Abstract

Abstrak
Pemberian profilaksis vitamin K pada bayi baru lahir di Indonesia belum rutin dilakukan. Hampir 2/3 dari bayi dengan perdarahan akibat defisiensi vitamin K mengalami perdarahan intrakranial. Di RS DR. M. Djamil Padang belum ada profil perdarahan intrakranial pada bayi yang dirawat. Untuk melihat profil klinis bayi yang mengalami perdarahan intrakranial yang dirawat di bangsal Anak RS DR. M. Djamil Padang, data bayi berusia lebih dari tujuh hari dengan perdarahan intrakranial yang yang dirawat dari tahun 2004-2007 dikumpulkan dan ditelaah secara retrospektif. Perdarahan intrakranial dipastikan berdasarkan hasil CT scan. Di samping itu dicatat juga umur, jenis kelamin, riwayat persalinan, jenis susu yang dikonsumsi, manifestasi klinis, data hematologi, jenis perdarahan, riwayat pemberian vitamin K, dan status ketika pulang. Dari 15 bayi yang diteliti, 11 (73,3%) adalah laki-laki, dan mayoritas (80%) berusia antara 4-8 minggu. Empat (26,7%) bayi lahir di rumah sakit, dan bidan merupakan penolong persalinan terbanyak (73,3%). Vitamin K tidak diberikan pada semua bayi saat lahir, sedangkan ASI diberikan pada 14 (93,3%) bayi. Gejala yang sering dikeluhkan adalah kejang (86,7%), pucat (80%) dan muntah (73,3%). Ubun-ubun besar yang tegang dan membonjol terdapat pada 86,7% bayi. Jenis perdarahan paling banyak adalah ganda (46,7%), dan tiga (20%) bayi meninggal dalam perawatan. Sebagai kesimpulan, perdarahan intrakranial sering ditemukan pada bayi laki-laki berusia antara 4–8 minggu, dengan perdarahan ganda paling banyak ditemukan. Vitamin K tidak diberikan pada semua bayi termasuk bayi yang lahir di rumah sakit. Sangat perlu untuk mensosialisasikan tentang pentingnya pemberian vitamin K pada semua bayi baru lahir untuk mencegah terjadinya perdarahan intrakranial.
Kata kunci: perdarahan intrakranial, defisiensi vitamin K, bayi
Abstract
Vitamin K prophylaxis of the newborn has not been routinely administered in Indonesia. Almost two third of late hemorrhage in infants due to vitamin K deficiency have intracranial hemorrhage. There is no data about intracranial hemorrhage of infant at DR. M. Djamil hospital. The aim of this study is to comprehend the clinical profile of infants with intracranial hemorrhage at Pediatric ward of DR. M. Djamil hospital. Cases of intracranial hemorrhage in infants aged seven days or more from 2004-2007 were collected. Diagnosis of intracranial hemorrhage was confirmed by CT scanning. Age, sex, vitamin K administration, feeding history, history of trauma, delivery history, place
ARTIKEL PENELITIAN
94
of birth, clinical signs, hematologic data, bleeding type, and discharge status were examined. Of 15 infant, 12 (73.3%) were boys, majority (80%) were in the age group of 4–8 weeks. None received vitamin K at birth. Breastfeeding was given in 14 (93.3%) infants. The most delivery helper was midwive (73.3%). Convulsion (86.7%), pallor (80%), and vomiting (73.3%) were the common presenting symptoms. Anterior fontanel was tense and bulging in 86.7% infants. The most common bleeding type was multiple hemorrhage (46.7%), and three (20%) infants died during hospitalization. Intracranial hemorrhage was more prevalent in boys and more frequent at 4–8 th weeks. It is imperative to sosialize the importance of vitamin K prophylaxis to prevent hemorrhages of the newborn.
Keywords: intracranial hemorrhage, vitamin K deficiency, infants



-->