Efisiensi Pemberian Transfusi Packed Red Cell pada Pasien Bedah Elektif di Ruang Rawat Bedah RSUP Dr.M.Djamil Padang

Hessa Sena Alinia, Zelly Dia Rofinda, Deswita Sari

Abstract

LATAR BELAKANG: Permintaan PRC sebelum operasi  merupakan prosedur umum yang dilakukan dalam persiapan operasi bedah elektif. Permintaan darah berlebih sebelum operasi pada pasien bedah elektif menyebabkan pemborosan darah. Indikator penilaian efisiensi menggunakan crossmatch to transfusion ratio (C/T) ratio, transfusion probability (T%), dan transfusion index (TI).

TUJUAN: Mengetahui gambaran efisiensi pemberian transfusi PRC pada pasien bedah  elektif di ruang rawat bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang.

METODE: Penelitian deskriptif terhadap seluruh permintaan PRC dari ruang rawat bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang pada periode Oktober 2022 hingga Februari 2023. Data ditampilkan dalam tabel dan grafik.

HASIL: Sebanyak 1226 permintaan PRC dari 674 pasien terdiri dari laki-laki 355 dan perempuan 319 dengan rerata umur 49,06. Sebanyak 1226 kantong darah dilakukan crossmatch, 874 kantong darah yang ditransfusikan. Penilaian indikator efisiensi transfusi PRC pasien bedah elektif diruang rawat bedah didapatkan C/T ratio 1,4, T% 72,5%, dan TI 1,29.

DISKUSI: Berdasarkan penilaian indikator efisiensi menggunakan; C/T ratio, T%, dan TI terdapat efisien dalam penggunaan transfusi PRC. Indikator efisiensi dikatakan efisien apabila C/T ratio 1-2,5; T% ≥30%; dan TI >0,5.

SIMPULAN: Efisiensi pemberian PRC pasien bedah elektif di ruang rawat bedah didapatkan efisien. Kelengkapan data permintaan PRC dibutuhkan dalam menilai efisiensi.

Keywords

transfusi PRC, bedah elektif, efisiensi

Full Text:

PDF


-->