Pengaruh Media Video Animasi terhadap Perilaku 5M sebagai Preventif Penularan COVID-19 Siswa Kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit Kota Padang

YN Zuhal Chaisart Chaniago

Abstract

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pemberian video animasi terhadap perilaku 5M sebagai tindakan preventif infeksi COVID-19 siswa kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental one group pretest-posttest design. Sampel sebanyak 61 siswa kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit didapat melalui total sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data dilakukan dengan Marginal Homogeneity Test dan Mc Nemar Test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian video animasi terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan dengan nilai signifikansi berturut-turut 0,023, 0,019, dan 0,001 (p<0,05). Pengaruh juga tampak dari peningkatan perilaku 5M, yaitu pengetahuan dalam kategori baik yang semula 48 menjadi 56 siswa, sikap dalam kategori positif yang semula 30 menjadi 41 siswa, serta tindakan dalam kategori baik yang semula 38 menjadi 52 siswa. Pemilihan video animasi dinilai sangat tepat karena dengan video yang dapat diulang serta visualisasi gambar bergerak dilengkapi suara dapat mempermudah siswa dalam menerima informasi. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan didapatkan adanya pengaruh pemberian video animasi terhadap perilaku 5M siswa kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit.

Keywords

Health Promotion

Full Text:

PDF

References

Coronavirus [Internet]. [cited 2021 Dec 9]. Available from: https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1

Lai CC, Shih TP, Ko WC, Tang HJ, Hsueh PR. Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) and coronavirus disease-2019 (COVID-19): The epidemic and the challenges. Int J Antimicrob Agents. 2020;55(3).

Tsang HF, Chan LWC, Cho WCS, Yu ACS, Yim AKY, Chan AKC, et al. An update on COVID-19 pandemic: the epidemiology, pathogenesis, prevention and treatment strategies. Expert Rev Anti Infect Ther. 2021;19(7):877–88.

Lot M, Hamblin MR, Rezaei N. COVID-19: Transmission, prevention, and potential therapeutic opportunities. Clin Chim Acta. 2020;508:254–66.

Pedoman pencegahan dan pengendalian coronavirus disease (COVID-19). Kementerian Kesehatan RI. 2020.

Beranda | Covid19.go.id [Internet]. [cited 2021 Dec 9]. Available from: https://covid19.go.id/

Website corona sumbar [Internet]. [cited 2021 Dec 9]. Available from: https://corona.sumbarprov.go.id/

Ghosh A, Choudhury S, Basu A, Mahintamani T. Neisseria meningitidis carriage in indigenous peoples of Amazonas State, Brazil. J Infect J. 2020;80:671–93.

Asnawita N. Hubungan karakterisik dan pengetahuan masyarakat terhadap penyakit ispa di upptd puskesmas drien rampak Kecamatan Arogan Lambalek Kabupaten Aceh Barat tahun 2014. 2014;1–54.

Riady Y. Literasi informasi sejak dini: Pengetahuan baru bagi anak usia dini. JIV-Jurnal Ilm Visi. 2013;8(2):159–65.

Sari DP. Pengaruh edukasi audio visual dan role play terhadap perilaku siaga bencana pada anak sekolah dasar. J Holist Nurs Sci. 2019;6(2):1–8.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Protokol kesehatan 5M dan kesehatan imun untuk hadapi varian baru COVID-19 [Internet]. 2021 [cited 2021 Dec 9]. Available from: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jateng/baca-artikel/13981 /Protokol-Kesehatan-5M-dan-Kesehatan-Imun-untuk-Hadapi-Varian-Baru-Covid-19.html/

Ikatan Dokter Anak Indonesia. Rekomendasi ikatan dokter anak indonesia mengenai pembukaan sekolah di masa pandemi. 2021.

Shofiyyah NA, Nursobah A, Tarsono T. Penggunaan media animasi pada pembelajaran pai untuk meningkatkan motivasi belajar tunagrahita. Psychosophia. 2020;1(2):120–35.

Rizal, Rossa BC, Rifmanesi. Kecamatan pauh dalam angka 2018. 2018. 87 p.

Arikunto S. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta; 2010. 19–38 p.

Azwar S. Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2011. 55–67 p.

Dahlan M. Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Penerbit Salemba; 2011.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan tentang penerimaan peserta didik baru pada taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan sekolah menengah kejuruan [Internet]. 2021 [cited 2022 Oct 28]. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/163568/ permendikbud-no-1-tahun-2021

Irfan O, Li J, Tang K, Wang Z, Bhutta ZA. Risk of infection and transmission of SARS-CoV-2 among children and adolescents in households, communities and educational settings: A systematic review and meta-analysis. J Glob Health. 2021;11:1–15.

Trianingsih R. Pengantar praktik mendidik anak usia sekolah dasar. 2016;3(2):197–211.

Amrah. Perkembangan moral anak usia sekolah dasar. J Publ Pendidik. 2013;III(1):20–5.

Pakpahan M, Siregar D, Susilawaty A, Tasnim, Mustar, Ramdany R, et al. Promosi kesehatan & perilaku kesehatan. Watrianthos R, editor. Jakarta: EGC. Yayasan Kita Menulis; 2021.

Febrianti D, Pangestu A, Purwitasari W. Pembinaan penerapan 5M terhadap pembelajaran tatap muka. JPMSK. 2022;1(3):75–80.

Wati N, Yuniar N, Paridah. Pengaruh intervensi penayangan video terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan tentang cuci tangan pakai sabun pada siswa SDN 10 Kabawo Tahun 2016. JIMKESMAS. 2017;2(5):1–11.

Fitriani NL, Andriyani S. Hubungan antara pengetahuan dengan sikap anak usia sekolah akhir (10-12 tahun) tentang makanan jajanan di SD Negeri Ii Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat Tahun 2015. 2015;350.

Ruminem R, Sari RP, Sapariyah S. Hubungan pengetahuan dengan sikap siswa dalam pencegahan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di SD Negeri No. 015 Kecamatan Samarinda Ulu. J Kesehat Pasak Bumi Kalimantan. 2018;1(1):51–71.

Susilowati D. Promosi kesehatan. Vol. 1, Pusdik SDM Kesehatan. 2016.

Sari RP, Elianora D, Bakar A. Perbandingan efektivitas penyuluhan dengan video dan animasi tentang makanan kariogenik terhadap pengetahuan siswa kelas IV di sdn 027 Sungai Sapih Kec. Kuranji, Padang. B-Dent. 2019;4(2):117–25.

Rahagi R, Anggrasari AP. Video animasi resusitasi jantung paru untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah. Media Bina Ilm. 2021;15(8):4993–5002.

Mawaddatin, Festy P. Pengaruh imaginative pretend play dengan media video animasi: pengetahuan dan sikap perilaku hidup bersih dan sehat. Sun. 2015;2(1):38–46.

Wiradona I, Ihsan Setyowati F, Jati Dyah Utami W. The effectiveness of counselling using animated video on the behaviour regarding dental caries among elementary school students. J Kesehat Gigi. 2022;9(1):47–52.



-->