LAMA RAWATAN DAN MORTALITAS PASIEN INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RS DR. DJAMIL PADANG DITINJAU DARI BEBERAPA ASPEK

Hardisman Hardisman

Abstract

Abstrak
Intensive Care Unit (ICU) merupakan bagian yang sangat penting dari suatu rumah sakit. ICU sangat berperan dalam penatalaksanaan pasien dengan penyakit kritis dan segala komplikasinya yang meliputi ICU medik dan ICU bedah. Penatalaksanaan pasien ICU ini tidak hanya memerlukan keahlian dan keterampilan medis yang tinggi tapi juga memerlukan sarana dan peralatan dengan teknologi lebih tinggi dan relatif mahal. Oleh karena itu sangat perlu dipertimbangkan efektifitas biaya yang digunakan pada perawatan ICU, lama rawatan dan juga resiko martalitas.
Penelitian ini merupakan studi retrospektif di ICU dan Bagian Anestesiologi dan Reanimasi RS M Djamil Padang dengan menggunakan data catatan medis pasien. Data-data dikumpulkan selama dua tahun sejak ICU baru di RS M Djamil digunakan (Periode Mei 2002-April 2004). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimanakah mortalitas dan lama rawatan pasien di ICU. Juga untuk melihat bagaimana hubungan antara umur pasien dan kelompok diagnosis dengan lama rawatan dan mortalitas.
Ditemukan angka mortalitas pasien di ICU 25,6% dan lama rawatan yang lebih dari 7 hari 14,8% dari total 454 pasien. Ditemukan pasien dengan usia >50 tahun cendrung memerlukan rawatan lebih lama (p<0,05). Juga ditemukan angka mortalitas cendrung lebih tinggi pada pasien usia <10 tahun dan >50 tahun (p<0,05). Pada kelompok diagnosis gangguan kesadaran dan gangguan kardiovaskular-sirkulasi terlihat memerlukan rawatan lebih lama. Terlihat juga pada kelompok diagnosis gangguan kesadaran dan gagal nafas mempunyai angka mortalitas yang lebih tinggi. Namun tidak dapat disimpulkan apakah ada kecendrungan yang bermakna secara statistik pada kelompok diagnosis tersebut.
Pasien anak-anak dan usia lanjut lebih rentan untuk jatuh pada kondisi yang buruk dibandingkan dengan kelompok usia lainnya. Disamping itu, pasien dengan gangguan kardiovaskuler, penurunan kesadaran dan gagal nafas juga membutuhkan perhatian khusus.
Kata Kunci: Pasien ICU, lama rawatan dan mortalitas
Abstract
The Intensive Care Unit (ICU) is an important part of the hospital. The ICU is dedicated to manage patients with life-threatening illnesses, injuries, and complications. The services of ICU include medical and surgical intensive care area. The treatment for these conditions needs high tech, high skill, and expensive equipments. These have directly impacts on cost of the patients care. Therefore, it should be considered cost effective, length of hospital stay and risk of mortality.
ARTIKEL PENELITIAN
143
A retrospective study was conducted in The Department of Anesthesiology and Intensive Care M Djamil Hospital. This study collected all of ICU patients in M. Djamil Hospital two year period since the new ICU in the hospital has been established (May 2002 – April 2004). The aim of the study is to look at mortality and length of hospital stay ICU patients. The study is also to determine correlation between age of patient, diagnosis related groups (DRG) and length of hospital stay and risk of mortality.
In the study, there was found 14.8% patients which length of stay more than 7 days and 25.6% mortality rate from total 454 ICU patients. There was also tendency of old patients (more than 50 years) have more length of hospital stay (p<0.05). There was tendency of high mortality rate in age patients less than 10 years and more than 50 years (p<0.05). Length of hospital stay in DRG consciousness disorders and cardiovascular-circulations disorders were relatively higher than other diseases. The mortality rate in DRG consciousness disorders and respiratory failure were also relatively higher. However, it couldn’t conclude the tendency of some DRG to length of hospital stay and to mortality rate.
Children and old patient are more vulnerable than other age groups if they are hospitalized in ICU. Also, the critical conditions with cardiovascular illnesses, consciousness disorders and respiratory failure need more special attention.
Keywords: ICU patients, length of hospital stay and mortality

Full Text:

PDF


-->