Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional pada siswa SMA di Kota Pontianak

Annisa Dwi Magistra Ramadhani

Abstract

Tujuan : Mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional pada siswa sekolah menengah atas (SMA) di Kota Pontianak. Metode : Penelitian ini menggunakan studi analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional, dengan populasi 100 siswa SMA dari 6 kecamatan di Kota Pontianak yang mengisi kuesioner dan dianalisis menggunakan program komputer, cara pemilihan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan cluster sampling. Hasil : Hasil analisis dengan teknik Spearman menunjukkan korelasi positif searah antara kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional pada variabel pengendalian diri sebesar 0,405 dan pada variabel empati menunjukkan korelasi sebesar 0,272. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional yang dapat berpengaruh terhadap pemecahan masalah dan pengambilan keputusannya pada masa depan.

 

Kata kunci: Remaja, Perbaikan Kurikulum 2013, Kemampuan berpikir kritis, Kecerdasan emosional.

Keywords

Remaja, Perbaikan Kurikulum 2013, Kemampuan berpikir kritis, Kecerdasan emosional

Full Text:

PDF

References

Huberman, B. Growth and Development, Ages 13 to 17—What You Need to Know. Advocates for Youth. 2016 [Diakses 14 April 2019]. Tersedia : https://advocatesforyouth.org/wpcontent/uploads/storage//advfy/documents/3rs/growth-and-development-ages-13-to-17-v2.pdf

Putro, Khamim Zarkasih. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol.17 No.1.2017 .[Diakses 14 April 2019]. Tersedia :httip://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/ aplikasia/article/viewFile/1362/1180

Elizabeth B Hurlock. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Airlangga; hlm. 206. 2011

Amalia, Wanna. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Menyelesaian Masalah Pada Siswa SMA Aisyiyah 1 Palembang. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah; 2017.

Nurhayati. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Savi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas VIII SMP Negeri 3 Godean. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta; 2014.

Rospitasari, Murni. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa di SMP Bumi Khatulistiwa. Pontianak: Universitas Tanjungpura; 2017.

Fikri, Khoirul. Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pontianak. Pontianak: Universitas Tanjungpura; 2018.

Khasanah, E. U. (2018). Kecerdasan Emosional pada Remaja Ditinjau dari Tipe Lembaga Pendidikan dan Jenis Kelamin.

OECD. PISA 2012 Result in Focus. 2012. [Diakses pada 29 Maret 2019]. Tersedia : http://www.oecd.org.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Materi Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: KEMDIKBUD; 2012

Nita, Mei Alfian. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Aritmatika Kelas Xi Program Keahlian Jasa Boga Di Smk Negeri 1 Ngasem. Kediri: Universita Nusantara PGRI Kediri; 2017.

Sulistianingsih, Putri. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika Vol.2 No.1. 2016.

Andriani, Ade. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa FMIPA Matematika Melalui Pembelajaran IMPROVE. Jurnal Tarbiyah, Vol. 23 No.1. Medan: UIN SUMUT; 2016.

Anderson, Paul D. Anatomi dan Fisiologi Manusia, EGC, Jakarta.1996.

Paul Suparno, Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, Cet I, 2006, hal.11

Slavin. R E. 2000. Educational Psychology, Theory and Practice. Allyn & Bacon United State of America

Rachman, Rizki A. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Soal Matematika Melalui Model Pembelajaran Langsung Direct Intruction. Sidoarjo: PGSD Univ.Muhammadiyah Sidoarjo; 2017.

Destriyani, Elsa. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Pujo Basuki. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung; 2016.

Rachmadtullah, Reza. Kemampuan Berpikir Kritis dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 6 Ed.2. 2015. [Diakses pada 20 Desember 2019]. Tersedia: http://journal.unj.ac.id /unj /index.php/jpd/article/view/493

Husein, Sadam et al. Pengaruh Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. NTB: Universitas Mataram.Vol 1 No 3.ISSN.2407-6902. 2015[Diakses pada 2 September 2019].

Yudiana, NI. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Penerapan Model Pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking dalam Pembelajaran Ekonomi pada Siswa SMKN 1 Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta; 2015.

Harasym P.H,Tsai T.C,Hemmati P.Current Trends in Developing Medical Student’s Critical Thinking Abilities. Kaohsiung J.Med.Sci:24341355. 2008

Zafri. Berpikir Kritis Sejarah. Jurnal Diakronika. FISIP UNP;2012.

Mustafa, Abdullah Indra. Pengaruh Berpikir Kritis, Kecakapan Sosial, dan Kemampuan Metakognitif Terhadap Motivasi Bertechnopreneurship Siswa Kelas XII Program Keahlian Elektronika Industri Smk Negeri 3 Wonosari. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta; 2014.

Goleman D. Emotional Intelligence. Why It Can Matter More than IQ. Learning. Published online 1996:276-78.

Moafian, F.,Ghanizadeh, A. A Correlational Analysis of EFL University Students’ Critical Thinking and Self-Efficacy. The Journal of Teaching Language Skills (JTLS). 3(1). 119-149. 2011. [Diakses pada 16 November 2019].Tersedia:http://jtls.shirazu.ac.ir/article_396_00ee4f7a7cb72391e0f03e6e9cee7dce.pdf

Andrianto. Faktor-Faktor Penyebab Kenakalan Remaja di Lebak Mulyo Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Palembang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah; 2017.

Arnawan, Gede. Faktor Penyebab Kurangnya Minat Remaja Desa Terhadap Pendidikan Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Pada Remaja Di Desa Balirejo Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar; 2016.

Mulyawan, Yoga. Analisis Kenakalan Di Kalangan Remaja Pedesaan: Studi Kasus Remaja Di Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma.Bengkulu: Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu; 2014.

Untari, Ida. Kesehatan Otak Modal Dasar Hasilkan SDM Handal. Surakarta: PKU Muhammadiyah Surakarta. Vol. 8 Feb-Sep 2012.

Sujarweni,VWiratna. Statistika Penelitian.Yogyakarta:Graha Ilmu.2012.

Prasetyo B, Jannah LM. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT. Rajagravindo Persada. p.98-110. 2007.

Data Sekunder Dinas Pendidikan Kota Pontianak Tahun 2019

Auliah, Annisa Nurul. Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Materi Struktur dan Fungus Tumbuhan. Bandung : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati; 2021.

Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010

Djojodibroto,R.D. Tradisi kehidupan akademik. Jakarta: Galangpress. 2004

Rachmawati, A. Kecerdasan Emosi Pada Siswa Yang Bermasalah Di Sekolah. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang.2013. Jurnal Online Psikologi. Vol. 01. No. 02. Thn. 2013. from : Error! Hyperlink reference not valid.

Sastroasmoro S, Ismael S. Dasar-dasar metodologi penelitian klinis. Jakarta: Sagung Seto; 2011.

Moon, J. Critical Thinking: An Exploration of Theory and Practice. New York: Taylor and Francis e-Library; 2008.

Soodmand, Afshar. "The relationship among emotional intelligence, critical thinking, and speaking ability of Iranian EFL learners." Teaching English Language and Literature Society of Iran 8.1:31-59. 2014.

Fatemeh SHirazi, et al. The Relationship Between Critical Thinking Skill and Learning Styles and Academic Achievement of Nursing Student. The journal of Nusing Research Vol. 27, No. 4 2019.

Walker SE. Active learning strategies to promote critical thinking. Journal of Athletic Training 2003 [Diakses pada 19 Sept 2021];

(3):263–267. Available from : www.journalofathletictraining.org

Sulaiman WSW, Rhman WRA, Dzulkifli MA. Relationship between critical thinking dispositions, perceptions towards teachers, learning approaches and critical thinking skills among university students. Internation Journal of Behavioral Science.2008 [Diakses 19 Sept 2021] Available from :Error! Hyperlink reference not valid. 993s.

Myers BE, Dyer JE. The influence of student learning style on critical thinking skill. Journal of Agricultural Education. 2006 [Diakses 19 Sep 2021]. 47(1). Available from: http://202.198.141.51/upload/soft/0-a/47- 01-043.pdf

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan DIKTI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kerangka kualifikasi nasional Indonesia. 2011. Available from:http://www.kopertis3.or.id/html/wpcontent/uploads/2011/12/kompetensi-danlearning-outcomes-dikti.pdf

Scott JN, Markert RJ, Dunn MM. Critical thinking: change during medical school and relationship to performance in clinical clerkships. Medical Education.1998 [Diakses 19 Sep 2021];32:14-18.

Dehghani M, Sani HJ , Pakmehr H , Malekzadeh A. Relationship between student‟s critical thinking and self-efficacy beliefs in ferdowsi university of mashhad iran. Procedia Social and Behavioral Sciences [Internet]. c2011 [Diakses 19 Sep 2021] 15:2952–55.

Stein Steven J. dan Howard E. Book, Ledakan EQ, 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses, Bandung: Kaifa. 2000 (Terj.)

Syamsu Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak dan RemajaI. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2014. 113.



-->