Persepsi Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh, Umpan Balik Mahasiswa Kedokteran di Masa Pandemi

Etha Rambung

Abstract

Tujuan: untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap faktor pendukung dan penghambat pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi. Metode: metode penelitian deskriptif analitik, desain cross sectional dan menggunakan data sekunder hasil evaluasi persepsi mahasiswa terhadap PJJ. Data sekunder di peroleh dari 176 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra Surabaya yang mengisi kuesioner evaluasi PJJ menggunakan google form. Kuesioner berupa pertanyaan mengenai persepsi mahasiswa terkait faktor pendukung dan faktor penghambat pada pembelajaran jarak jauh yang telah dilakukan selama setahun. Hasil: Koneksi internet yang paling banyak digunakan mahasiswa saat PJJ adalah kombinasi data seluler dan wifi (53,08%). Faktor pendukung yang paling banyak disetujui mahasiswa adalah lokasi pembelajaran yang fleksibel (84,9%) sedangkan faktor penghambat paling banyak adalah ketergantungan pada sinyal (97%). Pada pertanyaan terbuka, hasil persepsi mahasiswa yang paling tinggi terkait faktor pendukung PJJ adalah efisiensi waktu (23,06%), sedangkan faktor penghambat adalah sinyal, elektronik, dan listrik yang kurang mendukung (25,78%). Kesimpulan: Menurut mahasiswa faktor pendukung PJJ adalah efisiensi waktu dan faktor penghambat adalah sinyal, gadget dan listrik. Evaluasi ini menjadi masukan yang berharga bagi Institusi untuk mempertimbangkan metode pembelajaran PJJ yang efektif dan efisien.

Keywords

pandemi covid-19; pembelajaran jarak jauh; kurikulum; e-learning

Full Text:

PDF

References

Wardhani NK. Penerapan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Indonesia dalam Prespektif Hukum dan HAM. KELUWIH J Sos dan Hum. 2021;2(1):34–8.

Amalia A, Sa’adah N. Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. J Psikol. 2020;13(2):214–25.

Prawiyogi, Anggi Giri D. Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Peserta didik di SDIT Purwakarta. JPD J Pendidik Dasar. 2020;1(1):8.

Safitri A, Astuti J. Keefektifan Pembelajaran Jarak Jauh. J Pendidik Univ Muhammadiyah Kendari. 2019;1(1):1–19.

Kemdikbud. Surat Ederan Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran COVID-19 Di Perguruan Tinggi, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Http://KemdikbudGoId/. 2020;126(021):1–2.

Ellaway R. E-learning: Is the Revolution Over? Med Teach. 2011;33(4):297–302.

Findyartini A, Soemantri D, Nadia Greviana, Hidayah RN, Claramita M. Buku Panduan Adaptasi Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan di Era Pandemi Covid-19. Vol. 1, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 2020. 1–64 p.

Masruroh F. Praktek Pendidikan Jarak Jauh Di Universitas Terbuka Indonesia. Edutech. 2020;19(2):200–13.

Rossi PG. Learning Environment With Elements Of Artificial Intelligence. J E-Learning Knowl Soc. 2009;5(1):191–9.

Tîrziu A-M, Vrabie C. Education 2.0: E-Learning Methods. Procedia - Soc Behav Sci. 2015;186:376–80.

Simatupang NI, Sitohang RI, Situmorang AP, Simatupang M. Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi COVID-19 Dengan Metode Survey Sederhana. J Din Pendidik. 2020;13(2):197–203.

Khusniyah TW, Wana PR. Persepsi Mahasiswa PGSD pada Inovasi Pembelajaran Berbasis E-Learning. Wahana Sekol Dasar. 2020;28(1):1–10.

Nugraha U. Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. J Cerdas Sifa. 2015;1(1):1–10.

Daroedono1 E, , Forman E. Siagian2* MA, Cing3 JM, Arodes4 ES, Sirait5 RH, Suryowati3 T, et al. The impact of COVID-19 On Medical Education: Our Students Perception On Practice Of Online Education. Int J Community Med Public Heal. 2020;7(7):2790–6.

Indrawati B. Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. J Kaji Ilm. 2020;1(1):39–48.

Rondonuwu VWK, Mewo YM, Wungow HIS. Pendidikan Kedokteran di Masa Pandemi COVID-19 Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2017 Unsrat. J Biomedik. 2021;13(1):67.

Napitupulu RM. Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. J Inov Teknol Pendidik. 2020;7(1):23–33.

Fuegen S. The Impact of Mobile Technologies on Distance Education. TechTrends. 2012;56(6):49–53.

Firman F, Rahayu S. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indones J Educ Sci. 2020;2(2):81–9.

Sadikin A, Hamidah A. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik. 2020;6(2):214–24.

Lau WWF. Effects Of Social Media Usage And Social Media Multitasking On The Academic Performance Of University Students. Comput Human Behav. 2017;68:286–91.

Kim Y, Wang Y, Oh J. Digital Media Use and Social Engagement: How Social Media and Smartphone Use Influence Social Activities of College Students. Cyberpsychology, Behav Soc Netw. 2016;19(4):264–9.

Walsh SP, White KM, Young RM. Young and connected: Psychological influences of mobile phone use among Australian youth. Mob Media 2007. 2007;(September):125–35.

Kesari KK, Siddiqui MH, Meena R, Verma HN, Kumar S. Cell Phone Radiation Exposure On Brain And Associated Biological Systems. Vol. 51, Indian Journal of Experimental Biology. 2013. p. 187–200.

Kwon M, Lee JY, Won WY, Park JW, Min JA, Hahn C, et al. Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS). PLoS One. 2013;8(2).

Widodo A, Nursaptini N. Merdeka Belajar Dalam Pandemi: Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Mobile. J Pembang Pendidik Fondasi dan Apl. 2020;8(2):86–96.

Adi NNS, Oka DN, Wati NMS. Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. J Imiah Pendidik dan Pembelajaran. 2021;5(1):43.

Herliandry LD, Nurhasanah, Suban ME, Kuswanto H. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Lessons Learned During the Covid-19 Pandemic). J Teknol Pendidik. 2020;22(1):65–70.

Rusman. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru / Dr. Rusman, M.Pd. 1972.

Giatman M, Siswati S, Basri IY. Online Learning Quality Control in the Pandemic Covid-19 Era in Indonesia. J Nonform Educ. 2020;6(2):168–75.

Muhammad Jundi. Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Perkuliahan Naḥwu dengan Sistem Daring. Al-Ma‘rifah. 2020;17(2):105–18.

Saragih S, Markus T, Rhian P, Setiawan S. Exploring Lecturers and Students’ Readiness for Online Learning during Covid-19 Pandemic. Vol. 01, Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan. 2021. p. 124–41.

Misran, Yunus UI. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. J Islam Educ Manag. 2020;5(2):125–36.

Bramastia B. Penggunaan Bantuan Kuota Belajar Kemendikbud Di Masa Pandemi. Epistema. 2021;2(1):11–22.

Yudhistira S, Murdiani D. Pembelajaran jarak jauh: Kendala dalam belajar dan Kelelahan Akademik. MAARIF Inst. 2020;15(2):373–93.

Yustika GP, Subagyo A, Iswati S. Masalah Yang Dihadapi Dunia Pendidikan Dengan Tutorial Online: Sebuah Short Review. Tadbir J Stud Manaj Pendidik. 2019;3(2):187.

Jatiyasa IW. Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu. 2022;13(1).

Aisah, Narinda, Pratiwi WD. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Mahasiswa Unsika Pada Saat Pandemi COVID-19. J Pendidik Bhs dan Sastra Indones. 2021;11(1):131.

Fajhriani. N D. Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. JIEMAN J Islam Educ Manag. 2020;1(3):298–309.

Putrie LA, Gultom JD, Tarina DDY. Manajemen Waktu Belajar Di Masa Pandemi. 2022;(April).

Ika Sandra K. Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Pers Psikol Indones. 2013;2(3):217–22.

Syelviani M. Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Mencapai Efektivitas Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Unisi). J Anal Manaj. 2020;6(1):23–32.



-->